Pasukan Kostrad Selamatkan Warga Australia di Hutan Malinau

Sabtu, 04 Januari 2020 - 20:18 WIB
Pasukan Kostrad Selamatkan Warga Australia di Hutan Malinau
Pasukan Kostrad Selamatkan Warga Australia di Hutan Malinau
A A A
SAMARINDA - Stephen Leonard Camkin, wisatawan asal Australia berhasil diselamatkan oleh pasukan TNI setelah hilang selama sepekan di hutan Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara).

Stephen bersama Mukhtar, pemandunya ditemukan dalam kondisi fisiknya drop.
Keduanya sempat dilaporkan hilang di hutan kawasan Long Tua, Desa Apauping, Kecamatan Bahau Ulu, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara). (Baca juga: Pasukan Raider Tangkap Penyelundup 500 Butir Amunisi dari Malaysia)

Keduanya ditemukan oleh Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Raider 303/SSM Kostrad yang diterjunkan untuk melakukan pencarian.

Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad Letkol Inf Taufik Ismail menjelaskan, saat ditemukan keduanya dalam kondisi sangat lemah. Warga Negara Australia ini tersesat karena pemandu lokal sedang berada di dalam hutan.

"Keduanya ditinggalkan dengan dibekali logistik yang terbatas. Kurang lebih seminggu mereka tersesat di dalam hutan, sebelum akhirnya ditemukan anggota kita," kata Taufik Ismail, Sabtu (4/1/2020). (Baca juga: Awal 2020, Satgas Yonif Raider 641/Bru Gagalkan Penyelundupan Narkoba)

Dia menjelaskan, kabar adanya seorang wisatawan dan seorang tour guide hilang di dalam hutan, berawal dari informasi yang diterima Komandan SSK I Pos Apauping Satagas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 303/SSM Kostrad, Lettu Inf Suhendra dari Kepala Desa Apauping.

Selanjutnya delapan personel Satgas di bawah pimpinan Serda Satria Situmorang bersama warga lainnya langsung melakukan pencarian pada Kamis 2 Januari 2020.

"Setelah informasi itu diterima anggota, lalu anggota bersama warga langsung melakukan pencarian. Anggota masuk ke dalam hutan dan menyisir sekitaran Sungai Bahau," tambahnya.

Keduanya berhasil ditemukan di hulu Sungai Bahau dalam kondisi lemah. Prajurit TNI selanjutnya mengevakuasi Stephen dan Mukhtar ke kediaman Kepala Desa Apauping sekaligus menunggu petunjuk lebih lanjut dari Polres Malinau.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7461 seconds (0.1#10.140)