Ikut Demam Gowes, Risma Pantau Kota Sambil Lihat Tabebuya

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 16:31 WIB
loading...
Ikut Demam Gowes, Risma Pantau Kota Sambil Lihat Tabebuya
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini gowes keliling Surabaya sambil menikmati Bunga Tabebuya yang mulai bermekaran di sepanjang jalanan Kota Pahlawan. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini punya cara tersendiri untuk menjaga kota di tengah pandemi. Sambil memakai sepeda , dirinya memantau perkembangan kota sembari sosialisasi protokol kesehatan, Sabtu (29/8/2020).

Risma memulai bersepada dari kediamannya hingga tiba di Jalan Lidah Kulon, Surabaya Barat. Tepat di depan Kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa), dia turun dari sepedanya dan berpindah menggunakan moda transportasi Suroboyo Bus. (Baca juga: Sempat Diminta Masukan, Risma Serahkan Keputusan ke Megawati )

Di dalam bus, Risma begitu menikmati pohon Tabebuya di berbagai sudut kota yang mulai bermekaran. Saat tiba di halte Jalan Gubernur Suryo, dia kembali turun dan mengayuh lagi sepedah lipatnya itu. (Baca juga: Wacana Sepeda Masuk Tol, Anies Diminta Duduk Bareng Aktivis Jakarta )

Setelah melanjutkan perjalanan, tepat di depan Alun-alun Suroboyo, Risma turun. Di sana dia membersihkan dan mencabuti rumput yang berada di pintu masuk alun-alun. Tidak hanya itu, dia juga memberikan beberapa arahan terkait penyempurnaan alun-alun yang baru saja diresmikan beberapa waktu lalu.

“Nanti ini di kasih lampu di atasnya ya. Terus itu ada lubangnya diisi air disinfektan,” kata Risma.

Risma mengatakan, hari ini Tabebuya di Kota Surabaya sudah mulai bermekaran. Warna-warninya bunganya sudah mulai tampak hingga pertengahan bulan September. Makanya, dia mengajak seluruh warga untuk datang menyaksikan keindahannya secara langsung.

“Jadi silahkan datang ke Surabaya. Sekarang kota ini sudah semakin cantik dan makin indah. Selain Tabebuya juga ada Bunga Sepatu Dea, dan bunga-bunga cantik lainnya,” kata dia.

Tidak hanya itu, dia pun mengajak kepada seluruh warga Surabaya untuk semakin giat lagi dalam berolahraga. Sebab menurut dia, salah satu penderita COVID-19 yang membutuhkan waktu cukup lama untuk sembuh adalah mereka yang memiliki penyakit penyerta (komorbid).

“Karena saya melihat data waktu COVID-19 itu yang sakit yang sembuhnya lama. Kalau dengan rajin dan rutin olahraga salah satunya dengan bersepeda. Atau jalan kaki, apalagi pedestrian kita sudah mulai bagus,” jelas dia.

Menariknya, untuk memasifkan warga agar bersepeda, nantinya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan memfasilitasi penyewaan sepeda. Penyewaan sepeda itu sengaja diinisiasi Risma dengan harapan agar warga kemana-mana warga mulai membiasakan menggunakan sepeda.

“Awalnya diletakkan di titik yang ditentukan. Nanti kami lihat animo masyarakat seperti apa. Ini penting dilakukan supaya kita berkeringat. Berolahraga agar kita tidak sakit. Kalau mau bersepeda sekarang kita bisa melihat Tabebuya yang mulai bermekaran,” kata dia.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6245 seconds (0.1#10.140)