Warga Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Kebun Binatang Bukittinggi

Kamis, 26 Desember 2019 - 16:04 WIB
Warga Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Kebun Binatang Bukittinggi
Warga Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Kebun Binatang Bukittinggi
A A A
BUKITTINGGI - Gerhana Matahari Cincin sebagian di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat terjadi mulai pukul 10.19 WIB. Saat terjadinya gerhana, Kebun Binatang Kinantan Zoo di Bukittinggi sedang dipadati para pengunjung.

Langit yang secara perlahan mulai gelap, dan pertanda gerhana sudah terjadi langsung dimanfaatkan para wisatawan dengan melihat proses terjadinya gerhana menggunakan kacamata khusus.

Seperti keluarga Fani, wisatawan asal Kota Padang mengaku sengaja datang ke kebun binatang Kinantan Zoo untuk melihat Gerhana Matahari Cincin bersama anak-anak/ sekaligus melihat pengaruh gerhana terhadap satwa di kebun binatang.

"Terlihat mataharinya sudah mulai tertutup tapi masih ada cincin setengahnya sedikit. Kami dari Padang kebetulan lagi liburan ke sini dan pas sekali bisa lihat gerhana matahari di sini," ujar Fani.

Gerhana Matahari Cincin sebagian yang membuat langit di Kota Bukittinggi agak gelap, cukup mempengaruhi sebagian satwa di Kinantan Zoo. Seperti orangutan yang biasanya aktif, pada pukul 12.00 WIB tengah hari, orangutan terlihat bengong dan berdiam diri seperti bersiap masuk kandang.

Ogut, salah seorang pawang orangutan dan gajah di Kinantan Zoo menyebutkan cahaya matahari yang tidak sempurna sat terjadinya gerhana diduga mempengaruhi satwa. "sehingga sebagian satwa yang mengira hari mulai senja bersiap kembali tidur," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5480 seconds (0.1#10.140)