Ribuan Warga Riau Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Tepi Laut

Kamis, 26 Desember 2019 - 15:10 WIB
Ribuan Warga Riau Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Tepi Laut
Ribuan Warga Riau Saksikan Gerhana Matahari Cincin di Tepi Laut
A A A
PEKANBARU - Ribuan warga berduyun-duyun menyaksikan Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Riau yang dipusatkan di Kampung Bunsur, Kabupaten Siak.

Warga tersebut berkumpul di sebuah lapangan yang disediakan oleh Pemkab Siak. Lokasi pusat melihat gerhana matahari berada di tepian laut Selat Malaka. Fenomena matahari ditutup awan dimulai saat matahari terik mulai mendung. Suasana lapangan yang semula terang mulai mendung.

Untuk melihat dengan jelas, panitia menyediakan kacamata raksasa khusus yang di pasangan di tepi laut. Ini agar warga yang menyaksikan matahari cincin terhindar dari radiasi.

Saat bulan sedikit demi sedikit menutupi matahari, warga mulai melantunkan Salawat bersama. Saat matahari berbentuk cincin ada warga yang bersujud dan sebagain lainya melantunkan Salawat dan takbir

"Maha besar Allah dengan segala ciptaannya. Saya dari Pekanbaru bersama keluarga menyaksikan secara langsung bagaimana fenomena Gerhana Matahari Cincin," kata Bambang, Kamis (26/12/2019).

Fenomena GMC ini tentunya juga dihadiri peneliti dari LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional). Hadir juga Bupati Siak Alfedri dan Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8903 seconds (0.1#10.140)