Tak Diurus Pemilik, Batu Permata Sitaan Senilai Rp1,5 Miliar Dilelang

Senin, 23 Desember 2019 - 17:25 WIB
Tak Diurus Pemilik, Batu Permata Sitaan Senilai Rp1,5 Miliar Dilelang
Tak Diurus Pemilik, Batu Permata Sitaan Senilai Rp1,5 Miliar Dilelang
A A A
SIDOARJO - Bea Cukai Juanda , Sidoarjo, Jawa Timur melelang batu permata sitaan dari penumpang pesawat yang ditaksir nilainya mencapai sekitar Rp1,5 miliar.

Batu permata yang seluruhnya berjumlah 24 bungkus gem stone atau batu permata asal India ini terpaksa dilelang karena pemiliknya tidak mau melunasi bea masuk dan pajak hingga batas waktu yang ditetapkan. (Baca juga: Bea Cukai Juanda Gagalkan Penyelundupan Iphone 11 Senilai Rp1,5 Miliar)
Tak Diurus Pemilik, Batu Permata Sitaan Senilai Rp1,5 Miliar Dilelang

Menurut rencana, uang hasil lelang itu akan dikembalikan ke kas negara. Lelang akan dilakukan dalam waktu sepekan ke depan. Batu permata itu disita bea cukai karena penumpang pesawat yang membawanya masuk tidak mau membayar pajak masuk ke Indonesia.

"Ada tiga jenis batu permata yang akan dilelang untuk umum. Di antaranya batu emerald, berlian dan berlian hitam," kata Kepala Bea Cukai Juanda, Budi Harjanto, Senin (23/12/2019). (Baca juga: Sabu 1,1 Kg Disimpan di Dalam Shock Breaker Motor Disita Petugas Bandara Juanda)

Batu permata asal india itu disita dari seseorang berinisial MMS, warga negara India yang juga seorang penumpang pesawat AirAsia QZ321 di Bandara Internasional Juanda .

"Batu permata itu bukan barang larangan atau pembatasan. Namun disita karena yang bersangkutan tidak mau menyelesaikan kewajibannya, yakni membayar bea masuk dan pajak dalam rangka impor," tegasnya.

Karena pemilik barang tersebut tak kunjung menyelesaikan kewajibannya, barang berharga itu akhirnya ditetapkan sebagai barang milik negara.

Sebelum dilelang, pihak Bea Cukai Juanda telah membawa 24 bungkus batu permata tersebut ke Pegadaian untuk diuji keasliannya. "Dengan nilai taksiran harga sekitar Rp1,5 miliar," jelasnya.

Sementara untuk pelaksanaan lelang, Bea Cukai Juanda akan berkoordinasi dengan kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang Sidoarjo.

“Sebelum dilakukan lelang, para peserta lelang dipersilahkan melihat dahulu kondisi barangnya. Lelang batu permata asal India itu akan dilelang dengan sistem e auction pada Jumat (27/12/2019) dengan harga limit lelang Rp596 juta,” katanya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5620 seconds (0.1#10.140)