alexametrics

Basarnas Siapkan Pengamanan Khusus di Jalur Mudik Nataru via Pelabuhan Bakauheni

loading...
Basarnas Siapkan Pengamanan Khusus di Jalur Mudik Nataru via Pelabuhan Bakauheni
Kondisi arus Mudik Nataru di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu (21/12/2019). Foto: Heri Fulistiawan/iNews TV
A+ A-
LAMPUNG SELATAN - Dalam menghadapi musim Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, meninjau Pelabuhan Bakauheni, Sabtu (21/12/2019). Dalam kunjungannya, Kabasarnas memastikan kesiapan personel dan peralatan pendukung Basarnas yang ada di Lampung.

Ia meminta personel Basarnas siap menghadapi musim penghujan, dan kepada setiap daerah mempersiapkan antisipasi potensi bencana, di antaranya longsor, banjir, angin puting beliung, dan bencana alam lainnya.

Secara khusus Kabasarnas memerintahkan kepada Basarnas Lampung-Banten untuk bersiap menghadapi musim angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Sebab pada angkutan Nataru, lintas pelabuhan penyeberangan menjadi fokus utama pengamanan bagi Basarnas. Sebagai antisipasi kecelakaan di perairan, disiapkan sebanyak 3 kapal SAR, yakni KN Basudewa, KN Drupada, dan KN Karna Jakarta.



Menurut Kabasarnas, beroperasinya jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) dan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) juga perlu mendapat perhatian. Sebab dipastikan menjadi salah satu tiga titik kepadatan arus kendaraan. Selain itu, ruas jalan nasional, bandara, pelabuhan, serta pengamanan di sejumlah objek wisata yang ramai dikunjungi masyarakat.

“Titik fokus operasi berada di bandara, pelabuhan, jalan tol, dan objek wisata. Koordinasi dengan sejumlah rumah sakit terdekat dilakukan agar bisa membawa korban insiden kecelakaan dan bencana. Sejak Januari hingga Desember, Basarnas Lampung sudah melakukan sebanyak 41 operasi penyelamatan di wilayah Lampung,” ujar Bagus.

Sebagai upaya memperkuat patroli pengamatan wilayah, pihaknya menyiagakan sebuah helikopter hr-3605 di Pelabuhan Merak dan Bakauheni guna melakukan pengamanan saat dibutuhkan sewaktu waktu.

Sementara untuk di Pelabuhan Bakauheni, Basarnas Lampung menyiagakan personel dan alat utama. Dalam rangka siaga SAR khusus, Basarnas Lampung juga menempatkan personel di beberapa titik rawan jalur kepadatan arus penumpang. Dimana telah disiagakan 1 tim di Pelabuhan Bakauheni, 1 tim di Pelabuhan Kota Agung, dan 2 tim di jalan tol Trans Sumatera.

Sebagai perlintasan penyeberangan dari Sumatera ke Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni, Basarnas Lampung sudah berkoordinasi dengan pihak PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan Indonesia Ferry Cabang Merak, guna mengantisipasi insiden kecelakaan laut.

Pengamanan oleh potensi SAR melibatkan unsur TNI, Polri dan sejumlah potensi SAR di daerah. Kemudian berkoordinasi dengan sejumlah unsur telah dilakukan agar meminimalisir terjadinya korban saat adanya bencana alam. Perkuat siaga SAR khusus selama Nataru dengan tujuan untuk memberikan pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman, dan andal.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak