Pasca Longsor di Agam Sumbar, Akses Jalan Dibuka Manual Baru Bisa Dilewati Motor

Jum'at, 20 Desember 2019 - 10:55 WIB
Pasca Longsor di Agam Sumbar, Akses Jalan Dibuka Manual Baru Bisa Dilewati Motor
Pasca Longsor di Agam Sumbar, Akses Jalan Dibuka Manual Baru Bisa Dilewati Motor
A A A
BUKITTINGGI - Petugas membuka ruas jalan yang tertimbun tanah longsor di sepanjang jalur Jorong Sianok perbatasan Kota Bukittinggi dengan Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar) pada Jumat (20/12/2019) pagi. Pembukaan ruas jalan tersebut dilakukan secara manual, karena terbatasnya alat berat atau kendaraan penunjang.

Luas dan banyaknya titik longsor membuat pengendara sepeda motor dibantu petugas terpaksa naik ke atas material longsor untuk melintas. Sementara untuk mobil atau kendaraan roda empat diminta berbalik arah, karena ruas jalan hanya dapat dilewati kendaraan roda dua.

Di titik ini, untuk melancarkan arus lalu lintas jalur alternatif Agam menuju Bukittinggi. Petugas BPBD Kabupaten Agam dan polisi membuka dua jalur yang untuk sementara hanya dapat dilalui kendaraan roda dua.

Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi menyebutkan, banyak dan luasnya titik longsor membuat petugas terpaksa menutup akses jalan untuk kendaraan roda empat hingga alat berat diturunkan.

"Ini adalah jalan alternatif dari Agam menuju Bukittinggi persis di perbatasan Ngarai Sianok. Longsor langsung ditangani BPBD, alat berat akan ke sini mudah-mudahan kita bisa segera menyingkirkan material longsor agar jalan dapat dilewati," kata Kapolres.

Tanah longsor di Kabupaten Agam terjadi sekitar pukul 22.00 WIB, menyusul hujan deras mengguyur Agam dan Kota Bukittinggi sepanjang Kamis (19/12/2019) malam. Selain di Kabupaten Agam, tanah longsor juga mengakibatkan ruas jalan di tanjakan tikungan Kelok Cindua kawasan objek wisata Ngarai Sianok Kota Bukittinggi roboh ke kedalaman 10 meter.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6992 seconds (0.1#10.140)