Warga Bandung Antusias Ikuti Skrining Penyakit di Cek Segitiga Dexa Medica

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 17:26 WIB
loading...
Warga Bandung Antusias...
Program skrining kesehatan Cek Segitiga berlangsung di Taman Gasibu, Bandung, Minggu (13/10/2024) lalu. Sebanyak 566 orang antusias mengikuti program yang juga menyuguhkan edukasi kesehatan ini. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG - Program Cek Segitiga PT Dexa Medica yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini penyakit kronis terus mendapat sambutan positif oleh masyarakat. Setelah digelar di Jakarta, Palembang, dan Tangerang Selatan, program ini juga hadir di Bandung.

"Bandung ini merupakan kota yang ke-4, selanjutnya kita akan lalukan di Surabaya dan Semarang. Program ini merupakan salah satu pilar kesehatan, jadi kami Dexa Medica support dan mendukung dalam pencegahan penyakit-penyakit kronis," kata Presiden Direktur PT Dexa Medica, Bapak V Hery Sutanto dalam keterangan tertulis, Jumat (18/10/2024).

Program skrining kesehatan Cek Segitiga di Bandung berlangsung di Taman Gasibu, Minggu (13/10/2024) lalu. Sebanyak 566 orang antusias mengikuti program yang juga menyuguhkan edukasi kesehatan ini.

"Animo masyarakat Bandung terhadap skrining kesehatan baik sekali. Sudah menyentuh angka lebih dari 500," kata Sales Director OGB Dexa Jopie Johansyah.

Sama seperti program Cek Segitiga sebelumnya, Dexa Medica juga bekerja sama dengan rumah sakit untuk konsultasi kesehatan gratis di Bandung. Kali ini Dexa bermitra dengan RS Mayapada Hospital Bandung untuk program Cek Segitiga.

Setelah digelar di 4 kota, lebih dari 2.000 peserta mengikuti skrining kesehatan gratis ini. Angka ini menunjukkan tingginya minat masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatannya dan melakukan pencegahan dini terhadap berbagai penyakit.

Pentingnya Skrining Kesehatan
Skrining kesehatan merupakan langkah awal yang sangat penting untuk mendeteksi adanya kelainan pada tubuh secara dini. Dengan melakukan skrining secara rutin, berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi dapat dideteksi sebelum menimbulkan gejala yang lebih serius.

"Masyarakat harus lebih aware, namanya penyakit penyakit metabolik, penyakit kronis seperti gula tinggi, hipertensi dan kolesterol itukan dia meningkatkan resiko juga untuk penyakit parah, contohnya stroke, serangan jantung," ujar General Practitioner Mayapada Hospital Bandung, dr Cynthia Hanny Lestari saat berpartisipasi dalam Cek Segitiga di Bandung.

Program Cek Segitiga menawarkan pemeriksaan kesehatan yang komprehensif. Meliputi pemeriksaan gula darah untuk mendeteksi risiko diabetes melitus, pemeriksaan tekanan darah untuk mendeteksi risiko hipertensi, serta pemeriksaan kolesterol untuk mendeteksi risiko penyakit jantung.

Selain ketiga pemeriksaan utama tersebut, peserta juga mendapatkan konsultasi kesehatan dengan tenaga medis profesional. Hal ini memungkinkan peserta untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai hasil pemeriksaannya serta tips menjaga kesehatan.

"Pertama adalah kita kenali dulu ya, kita memiliki faktor resiko atau keturunan gimana apa yang sudah ada. Dari keturunan nenek kakek atau orangtua sudah mengalami hipertensi, kolesterol, gula darah tinggi. Ketika sudah ada resiko kearah sana, harus sudah lebih aware dengan kesehatan ya. Cek kesehatan secara berkala, satu sampai tiga bulan sekali," ujar dr Cynthia.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)