alexametrics

Tiga Turis Asing Digigit Anjing Rabies di Kawasan Wisata Kintamani Bali

loading...
Tiga Turis Asing Digigit Anjing Rabies di Kawasan Wisata Kintamani Bali
Ilustrasi/Dok SINDOnews
A+ A-
BANGLI - Tiga turis asing digigit anjing rabies saat mendaki Gunung Batur melalui jalur Songan, Kecamatan Kinamani, Kabupaten Bangli, Bali, Selasa (17/12/2019). Mereka diserang dan digigit anjing yang tiba-tiba datang dari jalur atas. Ketiga turis asing tersebut berasal dari Amerika Serikat, Jerman, dan Singapura.

Selain menggigit ketiga turis asing tersebut, anjing rabies itu juga menyerang pemandu mereka yang warga lokal asal Gianyar. "Mereka telah mendapatkan vaksin anti rabies (VAR), dan akan dilanjutkan vaksin serupa sebanyak dua kali," kata Kabid Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Bangli, Ni Nyoman Sri Rahayu, Selasa (17/12).

Dia menambahkan untungnya gigitan anjing itu tidak menyasar pada bagian tubuh berisiko tinggi seperti bagian kepala hingga leher, ujung jari tangan atau kaki, dan organ reproduksi.



Berdasarkan hasil uji lab terhadap sampel otak anjing tersebut, kata Sri Rahayu, dinyatakan positif rabies. "Kita masih koordinasikan untuk upaya eliminasi," ujar Rahayu.

Sebelumnya, anjing rabies tersebut juga menggigit empat warga lokal. Keempat warga lokal itu telah mendapatkan VAR.
(saz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak