alexametrics

Bupati Barito Utara Hadiri Musrembangnas RPJMN 2020-2024

loading...
Bupati Barito Utara Hadiri Musrembangnas RPJMN 2020-2024
Bupati Barito Utara Hadiri Musrembangnas RPJMN 2020-2024
A+ A-
JAKARTA - Bupati Barito Utara, Nadalsyah menghadiri Peresmian dan Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 di Istana Negara, Jakarta.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo dihadiri oleh Wakil Presiden, Ketua Lembaga Negara, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Lembaga Pemerintahan Non Kementerian dan lain-lain, para Gubernur se-Indonesia, para Bupati/Walikota se-Indonesia, dan para pejabat Kementerian PPN/Bappenas serta undangan lainnya.

RPJMN Nasional IV 2020-2024 mengambil tema "Terwujudnya Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong" merupakan tahapan terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025. Sasarannya yakni mewujudkan masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil, dan makmur melalui percepatan pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif di berbagai wilayah yang didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.



Dalam RPJMN IV 2020-2024 terdapat 7 agenda pembangunan yakni memperkuat ketahanan ekonomi, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan, meningkatkan SDM, revolusi mental dan pembangunan kebudayaan, memperkuat infrastruktur, membangun lingkungan hidup, dan memperkuat stabilitas Polhukhankam dan transformasi layanan publik.

Presiden Jokowi berpesan kepada para peserta Musrembangnas baik pusat maupun daerah agar dapat serius menggarap infrastruktur demi kemajuan bangsa dan meningkatkan perekonomian. "Bila tidak mampu di APBD, bisa konsultasi ke Menteri PU," jelas Jokowi. Hal ini untuk menyambungkan infrastruktur ke kawasan produksi pertanian, perikanan hingga pariwisata.

Di empat yang sama, Bupati Barito Utara, Nadalsyah menyambut baik pesan dan himbauan Presiden RI. "Tentunya ini sejalan dengan yang tengah dikerjakan Pemerintah Kabupaten Barito Utara," ungkap Nadalsyah.

Dimana, saat ini hampir seluruh wilayah Kabupaten Barito Utara sudah terhubung. Bupati Barito Utara mengharapkan agar nantinya Pemerintah Kabupaten Barito Utara mendapat alokasi pendanaan yang lebih dari Pemerintah Pusat. "Mengingat, nantinya Bumi Iya Mulik Bengkang Turan merupakan pintu gerbang dari Ibu Kota Negara yang baru," harap Nadalsyah.
(atk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak