alexametrics

Plesiran ke Sumsel, Najwa Shihab Pakai Gambo Muba Pemberian Thia Yufada

loading...
Plesiran ke Sumsel, Najwa Shihab Pakai Gambo Muba Pemberian Thia Yufada
Saat tandang ke Muba, Najwa Shihab dapat oleh-oleh dari sahabat lamanya Thia Yufada Dodi Reza, selendang jumputan Gambo Muba.
A+ A-
SEKAYU - Pascaberkunjung ke Bumi Serasan Sekate, Kamis (12/12/2019) pembawa talkshow kondang Najwa Shihab melanjutkan aktivitasnya ke beberapa daerah di Sumsel untuk mengampanyekan budaya membaca.

Saat tandang ke Muba, Duta Baca Indonesia ini mendapatkan oleh-oleh dari sahabat lamanya sesama mantan presenter di salah satu TV Swasta yakni Thia Yufada Dodi Reza. Dalam momen tersebut Thia Yufada memberikan Najwa selendang jumputan Gambo Muba.

Pantauan di akun instagram milik Najwa Shihab tampak Najwa yang saat ini masih di Sumsel mengenakan Gambo Muba dan mengabadikan momen-momen di tempat seperti Sungai Musi dengan latar belakang Jembatan Ampera.



Najwa mengaku sangat senang bisa memakai Gambo Muba. "Ini produk lokal namun kualitas internasional. Saya kagum sama Gambo Muba ini," ujar Najwa.

Menurutnya, Gambo Muba merupakan produk khas kearifan lokal yang dapat mengangkat derajat serta kesejahteraan petani gambir. "Saya yakin kalau sudah di tangan sahabat saya Thia Yufada, Insya Allah deh Gambo Muba pasti eksis dan jadi tren fashion," katanya.

Sementara itu, Thia Yufada menyebut Gambo Muba sebagai eco fashion yang mampu mengangkat ekonomi petani getah gambir lantaran memberikan nilai tambah bagi limbah getah gambir dan yang juga sangat penting, mampu meningkatkan penghasilan rumah tangga karena dikerjakan oleh tangan-tangan terampil kaum perempuan penjumput di desa.

Gambo Muba adalah tekstil khas metode jumputan, diwarnai dengan dicelup getah gambir yang awalnya dianggap limbah dan dibuang percuma. Kini Thia mampu mendorong perajin gambir dengan mengubah limbah menjadi pewarna utama kain. Sebagai produk Eco fashion, Gambo Muba memakai 100 persen pewarna antikimia.

"Kami mencoba merespons isu international bahwa lebih dari 50 persen limbah kimia dunia berasal dari limbah tekstil. Gambo Muba adalah aksi alternatif dan sumbangan Muba untuk dunia tekstil. Kami tidak menghasilkan limbah kimia tetapi memanfaatkan limbah getah gambir sebagai pewarna alami Gambo Muba," terangnya.

Jumputan Musi Banyuasin berbasis pewarna alami ini berhasil bikin Ibu Negara Irina Joko Widodo kagum. Iriana menyebut produk Gambo Muba telah mengangkat kearifan lokal dan memberikan kontribusi positif bagi petani gambir dan pengrajin Gambo Muba.
(alf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak