Wali Kota Solok Terima Penghargaan Kota Peduli HAM 2019

Selasa, 10 Desember 2019 - 14:07 WIB
Wali Kota Solok Terima Penghargaan Kota Peduli HAM 2019
Wali Kota Solok Terima Penghargaan Kota Peduli HAM 2019
A A A
KOTA BANDUNG - Bertambah lagi kado yang dipersembahkan jelang Hari Ulang Tahun Kota Solok ke-49. Semalam Kota Solok dianugerahi Penghargaan TOP 30 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi. Hari ini Selasa (10/12/2019) tepat pada acara puncak peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) se-dunia yang ke-71 tahun 2019 yang digelar di Gedung Merdeka Jalan Asia Afrika No.65 Braga Kota Bandung.

Bersama 11 Kota/Kabupaten lain di Sumatera Barat dari sebanyak 272 Kota dan Kabupaten mendapat penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) karena dianggap memiliki komitmen dan upayanya untuk memenuhi hak-hak dasar warga dan masyarakatnya.

Sebagaimana yang disampaikan Menkumham Yasonna Laoly bahwa pemberian penghargaan untuk memotivasi dan mendorong realisasi pemenuhan hak-hak dasar masyarakat oleh pemerintah daerah. Terutama pemenuhan hak dasar di bidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan dan anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan.

“Yang dimaksud dengan peduli itu merujuk kepada upaya pemerintah daerah kabupaten/kota, untuk meningkatkan peran dan tanggung jawabnya dalam penghormatan, pelindungan, pemenuhan, penegakkan,dan pemajuan hak asasi manusia. Dengan demikian, dalam hasil penilaian terhadap upaya yang telah dilakukan daerah ada tingkatannya, yakni Kabupaten/Kota yang Peduli, Cukup Peduli, dan Kurang Peduli Hak Asasi Manusia, sesuai dengan capaian yang telah diraihnya,” jelas Yasonna.

Seusai menerima penghargaan dari Direktur Jenderal Hak Azazi Manusia Mualimin Abdi, kepada Humaspro Wali Kota Solok Zul Elfian yang hadir didampingi Kepala Bagian Hukum Edrizal, Kepala Bagian Humas dan Protokol Nurzal Gustim, Kepala Subbag Penghubung dan Kerjasama Rantai Yopi Permana menyampaikan rasa syukurnya atas berkah yang diterima beberapa kurun waktu terakhir, bahwa tidak berhentinya apresiasi yang diterima Kota Solok dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi Sumatera Barat di jelang Kota Solok berusia 49 tahun. Selain bulan-bulan sebelumnya sebut saja diantara yang masih hitungan hari STBM Award, Swastisaba Wistara, TOP 30 Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, dan kembali hari ini menerima penghargaan Kategori Kota Peduli Hak Azazi Manusia (HAM) tahun 2019.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8615 seconds (0.1#10.140)