alexametrics

Bupati Suwirta Lakukan Deskresi Saat Bedah Desa

loading...
Bupati Suwirta Lakukan Deskresi Saat Bedah Desa
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membedah dua desa di Kecamatan Klungkung yaitu Desa Satra dan Desa Akah
A+ A-
SEMARAPURA - Program Bedah Desa Bupati Klungkung kembali berlanjut, Selasa (3/12/2019). Kali ini Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta membedah dua desa di Kecamatan Klungkung. Bedah Desa terakhir di Klungkung daratan ini dilaksanakan di Desa Satra dan Desa Akah. Program yang diciptakan Bupati Suwirta ini untuk mengetahui masalah dan menggali potensi yang ada di masing-masing desa.

Turut mendampingi Bupati Suwirta, Ketua TP PKK Kabupaten Klungkung Ayu Suwirta, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta dan Sri Kasta, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra bersama Kepala OPD dilingkungkan Pemkab Klungkung serta perangkat desa dinas maupun adat dimasing-masing wilayah.

Dalam kesempatan itu, Bupati Suwirta kembali melakukan tindakan Deskresi ketika melakukan Bedah Desa di Desa Satra, pada saat melakukan kegiatan Bedah Desa Bupati Suwirta mendapati Remaja yatim piatu yang termasuk KK Miskin, bernama Kadek Arini Danawati (17) yang menjadi tulang punggung keluarga. Dimana remaja ini harus bekerja di salah satu supermarket di Kabupaten Klungkung untuk membiayai dirinya, adiknya yang masih bersekolah di salah satu Sekolah Di Kabupaten Klungkung dan untuk kehidupan sehari-hari.



Bupati Suwirta menyatakan Tindakan Deskresi ini dilakukan karena Remaja Arini berstatus Yatim piatu, dan di usia yang masih muda masih harus berperan sebagai kepala Keluarga. Tindakan Deksresi yang dilakukan adalah berupa memasukan Arini sebagai KK Miskin.

"Saya akan Memasukkan Arini ke dalam KK Miskin walaupun Arini tidak masuk kedalam indikator Kemiskinan Pusat”, Ujar Bupati Suwirta.

Ketika mengetahui hal tersebut, Bupati Suwirta mengajak Para Kepala Dinas pemkab Klungkung untuk menyumbangkan Dana Sukarela yang langsung diberikan kepada Kadek Arini.
Dalam melakukan bedah Desa di Satra Bupati Suwirta juga mengunjungi beberapa masyarakat Lansia Diantaranya Wayan Renti (90 )Dewa Putu Alit dan Desak Nyoman Mija (78) Desak Made Lukir, Dewa A. Made Pudet (78)dan masyarakat Disabilitas Ketut Rasta, Nyoman Jiwi (67) Ni Komang Oktavia Rahayu (14).

Sebelumnya Bupati Suwirta beserta rombongan juga melakukan Kegiatan bedah Desa di Desa Akah, Bupati Suwirta juga mengunjungi beberapa Masyarakat yang tergolong KK miskin permanen diantaranya I Nengah Sudita, I Nengah Tambir, I Nengah Sedana, I Nengah Swandi, Anak Agung Ketut Kota, Anak Agung Istri Diantari, Anak Agung Ngurah Brati, Ni Wayan Jelih, Ni ketut Nyabuh, NI Wayan name, NI Nyoman Kendri.

Dan masyarakat yang tergolong difabel diantaranya Putu Budiarta, Nengah Sinta, Sangayu Ketut Eka Yanti, Sang Nyoman Sadia, dan ODGJ I Wayan Kawi, I Ketut Sarka, Ni Wayan Julianti, Sang Nyoman Sadia, dan Mengunjungi Masyarakat yang memperoleh Bantuan Bedah Rumah Ketut Tapa selain itu Bupati Suwirta juga mengunjungi TPST 3R, dan Infrastruktur jalan yang berada di Desa Akah.

Bupati Suwirta mengingatkan kepada perangkat Desa adat dan dinas pada saat usai mengadakan Bedah Desa di Akah, supaya data penerima bantuan dapat disinkronisasikan agar dalam memberikan bantuan dapat diterima secara merata.

Terkait Kesehatan masyarakat, Bupati Suwirta meminta Dinas kesehatan kabupaten Klungkung untuk mulai mengoperasikan inovasi dorkesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan dan Membuat Laporan mengenai pelayana kesehatan yang diberikan. Bupati Suwirta memerintahkan Dinas Ketenagakerjaan untuk memberikan pelatihan serta peralatan kerja bagi masyarakat KK Miskin yang memiliki ketrampilan, dengan harapan melalui pemberian pelatihan dan peralatan kerja mereka dapat mengubah perekonomian keluarganya.

Bupati Suwirta juga meminta kepada dinas terkait agar apa yang sudah ditetapkan Bupati Suwirta ketika melakukan Program Bedah Desa agar segera dilaksanakan, tidak perlu ada verifikasi lagi. Dan Bupati Suwirta juga meminta kepada kelian Dusun di Desa Akah agar data mengenai masyarakat yang membutuhkan bantuan rehab rumah dan bedah rumah dapat divalidkan.

Dalam Melakukan Bedah Desa di Desa Akah dan Desa Satra rombongan Bupati SUwirta juga mengunjungi Sekolah, saluran irigasi yang terdapat di desa tersebut.
(atk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak