alexametrics

3 Kapal Penyeberangan Tabrakan Beruntun di Pelabuhan Bakauheni

loading...
3 Kapal Penyeberangan Tabrakan Beruntun di Pelabuhan Bakauheni
Arus deras bawah laut di Selat Sunda mengakibatkan tiga kapal motor penumpang (KMP) mengalami tabrakan di sebelah selatan Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Selasa pagi (3/12/2019). Foto/iNews TV/Heri Fulistiawan
A+ A-
LAMPUNG - Akibat terbawa arus deras bawah laut di Selat Sunda, tiga kapal motor penumpang (KMP) mengalami tabrakan di sebelah selatan Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Selasa pagi (3/12/2019).

Tabrakan ini berawal saat KMP Amarisa menabrak KMP Nusa Agung, dan selanjutnya menabrak KMP Suki 2 yang datang dari arah samping. Peristiwa terjadi sekitar jam 06.30 WIB. (Baca juga: Angin Kencang dan Ombak Tinggi, Kapal Feri Sulit Bersandar di Pelabuhan Bakauheni)
3 Kapal Penyeberangan Tabrakan Beruntun di Pelabuhan Bakauheni

Derasnya arus laut membuat para nahkoda tak dapat mengendalikan laju kapal. Tali jangkar yang dipasang pun tak mampu menahan lajunya kapal sehingga menabrak kapal yang ada di depannya.

Akibat tabrakan beruntun tersebut terjadi kerusakan di bagian samping KMP Nusa Agung yang pada saat kejadian sedang mendapat jadwal anchor atau istirahat. (Baca juga: Terlalu Lama Antre Masuk Kapal, 13 Pemudik Pingsan di Pelabuhan Bakauheni)



Menurut keterangan Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) cabang Bakauheni, penyebab tabrakan tersebut karena arus bawah laut yang begitu kencang. Saat ini ketiga kapal tersebut sedang diperiksa petugas KSOP cabang Bakauheni.
3 Kapal Penyeberangan Tabrakan Beruntun di Pelabuhan Bakauheni

Kepala KSOP Bakauheni, Iwan Syahrial menjelaskan, cuaca buruk di perairan Selat Sunda dalam beberapa hari terakhir menyebabkan arus deras bawah laut membuat kapal-kapal kesulitan sandar dan sulit dikendaikan.

"PT ASDP Bakauheni dan otoritas penyebrangan mengimbau kepada para nahkoda kapal untuk selalu waspada dan hati-hati saat berlayar maupun hendak bersandar," katanya
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak