Universitas Cenderawasih Harus Bisa Ikuti Perkembangan Zaman Bidang IT

Jum'at, 29 November 2019 - 07:43 WIB
Universitas Cenderawasih Harus Bisa Ikuti Perkembangan Zaman Bidang IT
Universitas Cenderawasih Harus Bisa Ikuti Perkembangan Zaman Bidang IT
A A A
JAYAPURA - Universitas Cenderawasih diminta bisa lebih eksis untuk mengembangkan diri dibidang Ilmu Teknologi sesuai perkembangan zaman dewasa ini. Hal ini disampaikan Yan Permenas Mandenas, anggota MPR RI asal Papua pada fraksi Gerindra, kepada awak media sesaaat setelah menggelar dialog kebangsaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Cenderawasih.

Yan memandang penting konsep kampus berbasis IT untuk pengembangan kualitas mahasiswa dan imbas posistif bagi Uncen sebagai satu-satunya Kampus yang sudah sangat banyak melahirkan pemimpin di Papua maupun diluar Papua.

"Kampus Uncen harus dibangun sebagai kampus modern, selaras dengan konsep pengambangan perguruan tinggi berbasis digitalisasi. Sehingga Uncen tudak ketinggalan,"kata Yan Permenas Mandenas. Kamis sore.

Koordinasi internal dan eksternal bersama para alumni dan pemerintah pusat dan daerah penting dikakukan untuk mewujudkan cita-cita kebangkitan Uncen. Goolnya, Uncen mampu menjadi kampus terbaik di nasional bahkan Asia Pasifik.

"Konsolidasi itu penting dilakukan. Kita membangun bagaimana Uncen menjadi kampus terbaik di Asia Pasifik. Uncen sudah melahirkan tokoh-tokoh yang berkancah di nasional maupun internasional. Dunia politik, swasta dan sektor lain,lulusan Uncen sudah sangat banyak," katanya.

Termasuk kata Yan, Uncen telah melahirkan Otonomi Khusus yang saat ini telah dipenghujung. Namun demikian, perhatian Penerintah atas sektor pendidikan utamanya di Uncen urung nampak hasilnya.

"Otsus lahir dari buah pemikiran Uncen, namun Uncen sendiri tidak menjadi prioritas dana Otsus dibidang pendidikan itu. Harusnya Uncen menyoal ini. Kita dorong Uncen nenjadi kampus strategis, sebagai partner pemerintah, namun juga harus mendapat perhatian," ucapnya.

Yan yang mengaku akan memberikan beberapa bantuan kelengkapan untuk Kampus Uncen ini, berharap dengan perbaikan mutu dan kualitas Uncen, akhirnya mampu membentuk lulusan yang memiliki wawasan kebangsaan yang moderat. Tidak terperangkap pada arus politik yang malah membuat kemunduran generasi.

"Dengan dukungan sarana prasarana ini penting. Sehingga kampus ini bisa menjadi baik, termasuk para mahasiswanya. Tidak usah mengikuti arus politik yang ada, namun fokus mengembangkan diri, tantangan kedepan lebih besar, mahasiswa harus pahami itu. Pengetahuan IT penting, jangan tertinggal, karena sekarang era digitalisasi," timpalnya.

Dirinya meminta Uncen dalam hal ini Fakultas FISIP sebagai leadring Fakultas yang lain, bisa menjadi pioner kemajuan IT itu. Termasuk mengkonsep lagi bagaimana berlangsungnya dialog damai Papua dan Jakarta.

"FISIP harus bisa memotori itu. Dialog damai untuk mencari solusi atas soal Papua. Baik itu sesama orang Papua, maupun menginisiasi untuk dialog dengan Jakarta," ujarnya.

"Tanpa dimotori kampus, saya fikir konseo itu juga tidak akan berjalan baik. FISIP Uncen harus maju untuk itu," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6103 seconds (0.1#10.140)