alexametrics

Selama 2019 Sudah 31 warga Gunungkidul Gantung Diri

loading...
Selama 2019 Sudah 31 warga Gunungkidul Gantung Diri
Sampai November 2019, kasus gantung diri di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tercatat ada 31 kejadian. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
GUNUNGKIDUL - Sampai November 2019, kasus gantung diri di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tercatat ada 31 kejadian. Kasus mengakhiri hidup dengan cara gantung diri menjadi perhatian Pemkab Gunungkidul karena sulit ditekan.

Terakhir, kasus gantung diri terjadi di Kecamatan Panggang pada Senin (25/11/2019). Seorang warga berinisial Sup, (45) nekat mengakhiri hidup dengan gantung diri di dapur. Persoalan ekonomi lantaran terjerat utang diduga menjadi penyebab petani tersebut memilih mengakhiri hidupnya.

Kepolsek Panggang AKP Dani Purnama menjelaskan, pelaku bunuh diri mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di rumah yang telah dijualnya. Rumah yang digunakan untuk gantung diri telah berpindah tangan setelah gempa 2006 lalu dan dibeli kerabatnya.



"Dugaan awal karena persoalan ekonomi akhirnya dia nekat bunuh diri di rumah yang sudah dijualnya," terangnya kepada wartawan Senin (25/11/2019).

Direktur Yayasan Inti Mata Jiwa (Imaji) Joko Yanuwidiasto mengungkapkan, untuk menyelesaikan kasus gantung diri harus dilakukan semua komponen. Pemkab juga harus memiliki arah yang jelas dengan didudkung anggaran yang jelas pula untuk menangani persoalan ini.

"Gerakan ini harus disosialisasikan. Jangan kucilkan warga yang terindikasi depresi, dengarkan keluhan, beri pengertian lingkungan untuk merangkul dan melaporkan sehingga bisa ditangani," katanya. (Baca juga; Cegah Kasus Bunuh Diri, Gunungkidul Siapkan Anggaran Rp1 Miliar)
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak