alexametrics

Ridwan Kamil Bakal Perjuangkan Kesejahteraan Guru Honorer

loading...
Ridwan Kamil Bakal Perjuangkan Kesejahteraan Guru Honorer
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, terus berjuangan meningkatkan kesejahteraan para guru honorer. SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A+ A-
BANDUNG - Kesejahteraan guru-guru honorer di Jawa Barat (Jabar) terus diperjuangkan Gubernur Ridwan Kamil. Gubernur yang akrab disapa Emil itu mengaku, sudah memikirkan kesejahteraan para guru honorer sejalan dengan ketersediaan anggaran.

Bahkan, Emil meyakinkan, setiap tahun, pihaknya melakukan perbaikan tata kelola anggaran guna mengakomodasi kebutuhan-kebutuhan dunia pendidikan. "Seperti tahun depan SPP kan digratiskan, tahun-tahun sebelumnya kan nggak ada," ujarnya seusai Peringatan Hari Guru Nasional Tingkat Jabar Tahun 2019 yang digelar di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (25/11/2019).

Emil melanjutkan, berkaca pada kebijakan menggratiskan SPP, peningkatan kesejahteraan bagi guru-guru honorer menurutnya tidak mustahil dilakukan. "Jadi poinnya adalah, di mana ada keluangan (anggaran), pasti akan kita perjuangkan," tegasnya.



Menurut dia, semua kekurangan terkait dunia pendidikan akan diperbaiki. Di antaranya, kebijakan menggratiskan SPP sudah masuk dalam pembahasan APBD 2020 di DPRD Jabar. Dia berharap, jika disetujui maka program ini bisa dimulai pada awal 2020. "Insya Allah, tinggal ketok palu," imbuhnya.

Dalam rencana yang sudah dibahas tersebut, selain kepada siswa SMA/SMK negeri, SPP gratis juga akan diberikan pada siswa SMA/SMK swasta yang berkategori miskin. Dia menyebutkan, anggaran untuk membiayai kebijakan ini mencapai hampir Rp2 triliun. "Sekitar hampir Rp2 triliun, makanya berat," ujarnya.

Meski besar, pihaknya menjamin, upaya penghematan tidak akan menganggu pos anggaran pembangunan lainnya. Dari penghematan tersebut, Emil berharap, akan tersedia anggaran yang cukup untuk menggratiskan SPP. "Doain aja, niatnya sudah ada," tuturnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak