alexametrics

Darurat Sampah, Bupati Wihaji Bersih-Bersih Sungai

loading...
Darurat Sampah, Bupati Wihaji Bersih-Bersih Sungai
Bupati Batang Wihaji turun langsung bersih-bersih sungai yang tersumbat tumpukan sampah. iNewsTV/Suryono Sukarno
A+ A-
BATANG - Bupati Batang Wihaji turun langsung bersih-bersih sungai yang tersumbat tumpukan sampah. Salah satunya sungai Sambong di Kelurahan Karangasem Utara yang penuh sampah.

“Gunungan sampah ada di beberapa titik-titik saluran air sungai yang menyumbat aliran sungai. Jadi sebelum musim hujan saya bersama komunitas melakukan bersih-bersih sampah," kata Bupati Batang Wihaji, Jumat (22/11/2019).

Wihaji berharap ada kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan sungai dan tidak membuang sampah sembarangan di sungai. "Gerakan ini sebagai inspirasi saja, ke depan saya perintahkan lurah, camat bersama masyarakat secara rutin bersihkan sampah di saluran sungai dan titik-titik penyumbatan," katanya.



Gerakan ini sebagai langkah antisipasi banjir, karena Batang terutama Kelurahan Karangasem Utara, Desa Klidang Lor dan Desa Kalipucang menjadi langganan banjir tiap tahun.

"Saya berkeinginan agar sungai di Batang menjadai halaman depan rumah warga. Karena kalau di depan rumah akan lebih terawat dan terjaga kebersihannya daripada di belakang rumah," tutur wihaji

Sementara Kordnator Komunitas peduli lungkungan ( KOMBAT ) Burdatul Layaliy mengatakan, gerakan bersih sampah sebagai motivasi warga, agar berperilaku hidup sehat dan bersih dengan tidak membuang sampah di sungai.

"Sungai menjadi tanggung jawab kita bersama karena kondisi di lapangan sungai menjadi tempat pembuangan sampah, jadi jangan menyalahkan pemkab kalau banjir," kata Burdatul Layaliy

Kegiatan bersih-bersih sampah juga diikuti oleh Wakil Bupati Suyono, Komandan Kodim 0736 Batang Letkol Kav Henry RJ Napitupulu, Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga, dan sejumlah kepala OPD.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak