alexametrics

82 Rumah di Banyuasin Rusak Diterjang Puting Beliung

loading...
82 Rumah di Banyuasin Rusak Diterjang Puting Beliung
Sebanyak 82 rumah warga di Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), rusak diterjang puting beliung, Rabu 13 November 2019. SINDOnews/Dede Febriansyah
A+ A-
BANYUASIN - Sebanyak 82 rumah warga di Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), rusak diterjang puting beliung, Rabu 13 November 2019. Bahkan, dua orang warga mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan atap rumah.

Kepala Bidang Penanganan Darurat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori mengatakan, peristiwa puting beliung terjadi sekitar pukul 14.15 WIB sampai 17.00 WIB. Hujan deras disertai puting beliung menerjang tiga desa di Kecamatan Muara Telang. Akibatnya, ada 63 rumah rusak di Desa Up Karya, 14 rumah di Mekar Sari, dan 5 rumah di Mukti Jaya.

“Rata-rata rumah warga rusak parah di bagian atapnya dan juga ada rumah yang roboh akibat diterpa angin puting beliung itu. Ada dua warga yang mengalami luka-luka karena tertimpa reruntuhan atap rumah mereka," kata Ansori kepada SINDOnews, Kamis (14/11/2019).



Akibat puting beliung itu, warga yang rumahnya rusak harus mengungsi sementara ke rumah tetangga atau keluarga mereka yang tak jauh dari lokasi. Sampai saat ini, kata Amsori, petugas dari BPBD Kabupaten Banyuasin masih berupaya untuk menjangkau sejumlah lokasi yang terkena musibah puting beliung.

"Lokasinya berada di daerah perairan. Sekarang masih hujan sehingga belum memungkinkan untuk ke lokasi. Kita menunggu cuaca sedikit membaik terlebih dahulu," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sumatera Selatan, Bambang Beny Setiaji menjelaskan, adanya sirkulasi Kalimantan membuat massa udara dari Laut China Selatan dan Laut Jawa masuk ke wilayah Sumsel.

"Hal ini terjadi karena ada pertumbuhan awan sehingga menimbulkan hujan yang mengguyur sebagian Kabupaten Ogan Ilir, Banyuasin, OKI, OKU, OKU Timur, PALI dan Lahat," jelasnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak