alexametrics

2020, Pemkab Kobar Targetkan Bebas Asap Karhutla

loading...
2020, Pemkab Kobar Targetkan Bebas Asap Karhutla
Rapat evaluasi strategi pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan 2020. iNewsTV/Sigit Dzakwan
A+ A-
KOTAWARINGIN BARAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menargetkan tahun 2020 terbebas dari asap dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Sekda Kobar Suyanto dalam rapat evaluasi strategi pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana Kebakaran Hutan dan Lahan 2020 menyampaikan, agar seluruh personel Tim Satgas Karhutla lebih bisa memaksimalkan mekanisme sistem penetapan siaga Karhutla

"Perlunya ada kriteria yang jelas dalam penetapan siaga Karhutla dan mekanisme penyampaian informasi melalui mekanisme komando dari posko sampai pelaksanaan water boombing jangan sampai ada kesalahan," ujar Suyanto di Kantor BPBD Kobar, Senin 11 November 2019.



Suyanto menambahkan, dengan mekanisme tersebut penyiapan logistik personel di lapangan bisa lebih tepat sesuai keperluan. Termasuk berkaitan dengan pengadaan kelengkapan alat dan sarana prasarana di lapangan untuk 2020. "Di antaranya peralatan petugas lapangan kemudian pengadaan mesin-mesin portable," imbuhnya.

Selain itu, lanjut Suyanto, tujuan komunikasi penyampaian informasi melalui sistem komando yakni guna memantapkan Bumi Marunting Batu Aji bebas asap pada 2020. Kemudian peranannya dalam penanggulangan Karhutla di daerah ditangani dan dibedakan sesuai tupoksinya.

“Selain kerja sama antar intansi pemerintah, Pemkab Kobar juga berkolaborasi melibatkan pihak swasta, masyarakat akademisi, dan media," pungkasnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak