Ratusan Orang Ikuti Operasi Katarak Gratis yang Diadakan Polda Kepri

Sabtu, 09 November 2019 - 20:15 WIB
Ratusan Orang Ikuti Operasi Katarak Gratis yang Diadakan Polda Kepri
Ratusan Orang Ikuti Operasi Katarak Gratis yang Diadakan Polda Kepri
A A A
BATAM - Polda Kepri gelar bakti sosial (baksos) pada puncak Puncak Polda Kepri Peduli di RS Bhayangkara Batam pada Sabtu (9/11/2019). Pada kegiatan tersebut, sebanyak 334 pasien yang mendaftar untuk Operasi Katarak gratis terdapat 152 pasien yang memenuhi screening untuk kelayakan yakni sebanyak 81 laki laki dan 71 perempuan.

Sementara itu ada 182 pasien yang tidak memenuhi syarat karena 101 hanya lemak menutupi lensa mata atau pterigium, 43 katarak belum matang atau immatur dan 27 masih tajam penglihatan atau visus baik.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Irwasda Polda Kepri Kombes Pol Purwolelono, Pejabat Utama Polda Kepri, para Kapolres jajaran Polda Kepri. Kemudian Ketua Bhayangkari daerah beserta pengurus, Dirut RS Awal Bros Batam, para komandan satuan TNI, Dinkes Kepri, BP Batam, Jasa Raharja, IDI Batam dan Bapak Andreas Ketua Himpunan Bersatu Teguh dan Bala Bentara Indonesia.

Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto disela sela acara tersebut mengatakan, bahwa Indonesia banyak penduduknya menderita katarak, untuk itu pihaknya dan stakeholder lainnya mengadakan kegiatan sosial ini.

"Dari per 2 juta penduduk Indonesia sebanyak 1,5 persen menderita Katarak dan lebih dari 50 persennya kasus mata katarak ini menyebabkan kebutaan," ujarnya.

Jenderal Bintang Dua ini mengatakan bahwa Indonesia menempati peringkat kedua kasus kebutaan tertinggi setelah Eutopia dan peringkat pertama di Asia Tenggara. Dengan resiko dan jumlah tersebut Polda Kepri dan jajaran serta Stakeholder terkait bersama-sama menyelenggarakan kegiatan sosial ini.

"Terima kasih atas kerjasama dan dukungan dalam berlangsungnya kegiatan Operasi gratis ini, ucapan terima kasih disampaikan kepada Bapak Andreas Ketua Himpunan Bersatu Teguh dan Bala Bentara Indonesia, saudara Sandy Wibowo, 12 orang Tim Dokter Spesialis Mata, Dinkes Kepri, BP Batam, Direktur RS Awal Bros, dan Direktur RS BP Batam," tutupnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Bersatu Teguh dan Bala Bentara Indonesia Andreas mengatakan bahwasanya kegiatan ini adalah kegiatan kepedulian bersama.

"Sebagaimana yang diketahui bahwa penderita Katarak di Indonesia pasiennya tidak pernah berkurang, untuk itu kita semua berada disini mengambil sedikit dari peran dari Pemerintah dalam menekan jumlah penderita Katarak," ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwasanya kegiatan seperti ini akan terus berlanjut dari Himpunan Bersatu Teguh. Dimana pihaknya akan terus mendatangi diseluruh wilayah Indonesia. "Kapan saja ada permintaan bantuan dalam Operasi Katarak seperti yang dilaksanakan di RS Bhayangkara ini," tutupnya.

Pada kesempatan ini, seorang pasien bernama Ernawati yang menjalani Operasi Katarak di RS Bhayangkara mengucapkan rasa syukurnya yang amat besar atas berlangsungnya kegiatan Operasi gratis ini. "Semoga apa yang telah diberikan oleh bapak Polisi dapat dibalas Allah SWT, sekali lagi terima kasih banyak atas bantuannya," ujarnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7119 seconds (0.1#10.140)