Angin Kencang dan Ombak Tinggi, Kapal Feri Sulit Bersandar di Pelabuhan Bakauheni

Sabtu, 09 November 2019 - 13:33 WIB
Angin Kencang dan Ombak Tinggi, Kapal Feri Sulit Bersandar di Pelabuhan Bakauheni
Angin Kencang dan Ombak Tinggi, Kapal Feri Sulit Bersandar di Pelabuhan Bakauheni
A A A
BAKAUHENI - Akibat cuaca buruk beberapa Kapal Feri atau Roll On Roll Off (Roro) di Selat Sunda yang akan bersandar di Pelabuhan Bakauheni, Lampung kesulitan untuk bersandar, Sabtu (9/11/2019). Gelombang tinggi dan angin kencang yang membuat kapal-kapal tersebut sulit untuk bersandar. Hal ini membuat nahkoda sulit bermanuver dan kapal menunda beberapa jam untuk sandar agar tidak terjadi kerusakan fatal.

Akibatnya para penumpang yang akan menyeberang ke pulau jawa harus menunggu sekitar 30 menit untuk naik kapal . Sementara untuk penumpang yang akan turun kapal harus menunggu sekitar 1 jam untuk turun dari kapal.

“Untuk bersandar penumpang harus menunggu satu jam di Kapal Feri baru bisa perlahan merapat di Dermaga Bakauheni. Sedangkan saat berada di laut kapal tidak mengalami masalah meski gelombang tinggi terjadi,” kata Umaroh penumpang kapal.

Berdasarkan informasi BMKG gelombang yang terjadi di Perairan Selat Sunda pada kondisi cuaca buruk saat ini berkisar 2 sampai 5 meter kondisi cuaca buruk tersebut diperkirakan terjadi hingga awal tahun depan.

Sementara Itu PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni mengoperasikan kapal Roro sebanyak 28 unit melayani penumpang dan kendaraan Bakauheni – Merak setiap hari. meski dalam kondisi cuaca tidak baik. PT ASDP sudah memberikan imbauan secara tertulis kepada seluruh nakhoda kapal untuk memperhatikan keselamatan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4696 seconds (0.1#10.140)