alexametrics

Muscab HNSI Klungkung 2019 Diharapkan Lahirkan Kepengurusan Produktif

loading...
Muscab HNSI Klungkung 2019 Diharapkan Lahirkan Kepengurusan Produktif
Wabup Klungkung I Made Kasta mewakili Bupati Klungkung menghadiri Muscab Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cabang Klungkung, Jumat (8/11/2019).
A+ A-
SEMARAPURA - Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta mewakili Bupati Klungkung menghadiri Musyawarah Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cabang Klungkung bertempat di ruang rapat Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Klungkung, Jumat (8/11/2019).

Dalam laporannya, Ketua Panitia Penyelenggara I Dewa Gde Wira menyatakan, pelaksanaan Musyawarah Cabang HNSI Klungkung ke-3 ini diikuti oleh 23 kelompok nelayan, 10 kelompok pembudidaya, 2 kelompok mengolah ikan, dan 1 kelompok petani garam. Dalam kegiatan Muscab ini mengambil tema 'Nelayan Sejahtera Negara Kuat.

Pendanaan dan anggaran untuk mendukung acara ini berasal dari APBD Kabupaten Klungkung pada Kegiatan Pendampingan pada kelompok Nelayan Perikanan Kabupaten Klungkung.



Ketua HNSI Provinsi Bali Nengah Manu Mudita menyatakan, HNSI merupakan organisasi massa, profesi, fungsional, independen, non partisan dan memiliki kesatuan pandangan serta kegiatan di seluruh wilayah Nusantara.

HNSI bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan nelayan Indonesia khususnya dan Rakyat Indonesia pada umumnya berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Muscab merupakan suatu rangkaian amanat organisasi yang dilakukan 5 tahun sekali. Muscab membahas dan mengevaluasi kegiatan yang sudah dilakukan 5 tahun sebelumnya, melakukan penyegaran kepengurusan, dan menyusun program kerja untuk lima tahun ke depan.

Dalam Sambutan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yang dibacakan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menyampaikan, Pemkab Klungkung mempunyai potensi perikanan dan kelautan yang besar untuk mendukung pembangunan perekonomian Kabupaten Klungkung.

Potensi perikanan meliputi perikanan tangkap, perikanan budidaya, pembuatan garam, bio farmakologi, terumbu karang dan mangrove.

Muscab HNSI di Kabupaten Klungkung sangat penting bagi perkembangan masyarakat nelayan kedepan. Nelayan perlu dibina secara berkesinambungan untuk menumbuhkan jiwa kesetiakawanan dan kebersamaan dalam meningkatkan ketrampilan profesinya serta ketangguhan dalam sikap mental, agar lebih mampu berperan aktif dalam pembangunan guna terwujudnya masyarakat nelayan yang sejahtera lahir dan batin.

Bupati Suwirta mengingatkan agar HNSI sebagai organisasi independen dan non partisan, merupakan organisasi yang mandiri, bukan merupakan underbow organisasi politik mana pun, tidak tergantung kepada siapa pun, tidak berafiliasi dan berjarak sama terhadap seluruh partai politik yang ada di Indonesia serta berjuang bersama dan bergotong-royong dengan seluruh komponen bangsa dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur, sejahtera lahir batin, mandiri, menjadi bangsa yang unggul dan mempunyai datya saing yang tinggi di dunia internasional.

“Semoga Muscab HNSi di Kabupaten Klungkung dapat melahirkan kepengurusan baru yang lebih produktif untuk mewujudkan kerjasama dalam pengelolaan sumber daya perikanan dan kelautan di Kabupaten Klungkung,” harap Bupati Suwirta.

Wabup Made Kasta berharap pelaksanaan Muscab HNSI Klungkung ke-3 dapat berlangsung baik dan mampu membuat dan menjalankan program kerja.
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak