alexametrics

Dinas Kebersihan Kota Palembang Kewalahan Angkut Sampah

loading...
Dinas Kebersihan Kota Palembang Kewalahan Angkut Sampah
Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang kewalahan mengangkut sampah karena minim armada truk pengangkut sampah. SINDOnews/Dede Febriansyah
A+ A-
PALEMBANG - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang kewalahan mengangkut sampah karena minim armada truk pengangkut sampah. Kondisi tersebut menjadi salah satu menumpuknya sampah di lingkungan Kota Palembang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang, Alex Fernandus mengatakan, , armada pengangkut sampah yang dimiliki DLHK ada 104 unit. Hanya saja yang bisa beroperasional sebanyak 80 unit.

"Dari jumlah tersebut 40 unit kendaraan digunakan untuk mengangkut sampah pasar dan sisanya 40 untuk sampah di lingkungan kota," katanya, Senin (4/11/2019).



Dengan jumlah armada yang hanya 40 unit, DLHK Kota Palembang tidak mampu sepenuhnya mengangkut sampah. "Eskavator harusnya punya 8 armada tapi adanya hanya 2 unit, dozer harus 4 malah sekarang kita tidak punya. Makanya kita usulkan bantuan truk 10 unit, container 10 unui, dozer 2 unit," jelasnya.

Menurut Alex, setiap pukul 07.00 WIB petugas kebersihan mengangkut sampah dan masih banyak warga yang kadang kembali membuang di median jalan, atas jembatan, bahkan ke sungai. Untuk itu, permasalahan sampah tidak bisa hanya dibebankan kepada DLHK saja.

"Peran camat, lurah, tokoh masyarakat dan kesadaran masyarakat sangat diperlukan untuk mengatasi sampah ini. Jika ada warga yang membuang sampah sembarangan akan kita tindak. Namun kita terus berupaya mengatasi masalah ini," ujar Alex.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak