alexametrics

Festival Sinergi dan Harmoni

Borobudur Marathon 2019 Gandeng Khazanah Lokal Jadi Aktor Utama Pariwisata Olahraga

loading...
Borobudur Marathon 2019 Gandeng Khazanah Lokal Jadi Aktor Utama Pariwisata Olahraga
Festival Sinergi dan Harmoni dikemas dengan memadukan perlombaan paduan suara, pertunjukan Tari Soreng dan mading untuk siswa-siswi SD, SMP, dan SMA di Kota Magelang. Foto/ist
A+ A-
MAGELANG - Yayasan Borobudur Marathon dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, bekerja sama dengan Harian Kompas, menyelenggarakan Festival Sinergi dan Harmoni sebagai bagian dari rangkaian acara Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng.

Melalui tema “Synergy and Harmony”, Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng ingin mengajak seluruh pihak yang terlibat; yaitu sponsor, penyelenggara, peserta, dan masyarakat lokal untuk bersinergi dalam menciptakan keselarasan demi meningkatkan nilai pariwisata dan ekonomi Provinsi Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Magelang.

Festival Sinergi dan Harmoni merupakan wadah bagi komunitas dan warga lokal di sekitaran Candi Borobudur untuk berbaur menjadi satu agar terjadi keselarasan di antara mereka. Sinergi dan Harmoni antar warga masyarakat dinilai sangat penting mengingat faktor utama sukses sebuah pariwisata olahraga (sport tourism) yang berkelanjutan adalah peran aktif warga lokal untuk menjadi aktor utama dalam penyelenggaraan pariwisata olahraga.



Festival Sinergi dan Harmoni dikemas dengan memadukan perlombaan paduan suara dan majalah dinding (mading) untuk siswa-siswi SD, SMP, dan SMA; pertunjukan kesenian berupa Tari Soreng; dan pameran sajian 25 tenant makanan dan minuman Pasar Harmoni persembahan warga lokal yang dibimbing oleh para juru masak eksekutif yang berasal dari hotel-hotel di sekitaran Kota dan Kabupaten Magelang.

Festival Sinergi dan Harmoni tidak hanya bertujuan untuk membentuk keselarasan antar warga lokal, tetapi juga ajang berlatih para tenant Pasar Harmoni untuk bisa melakukan transaksi non tunai dengan menggunakan uang elektronik, sebelum mereka tampil menyajikan makanan dan minuman pada acara puncak Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng pada 14 - 17 November 2019 mendatang.

“Dengan berlangsungnya Festival Sinergi dan Harmoni, saya berharap bahwa 25 tenant Pasar Harmoni siap tampil pada perhelatan puncak Borobudur Marathon tahun ini” ujar Supriyatno selaku Direktur Utama Bank Jateng.

Selain itu, 25 tenant Pasar Harmoni diharapkan dapat mengimplementasikan arahan yang telah diberikan oleh juru masak eksekutif hotel-hotel di sekitaran Kota dan Kabupaten Magelang yang bertindak sebagai mentor yang telah membimbing mereka melalui program mentoring lima bulan belakangan ini.

Para juru masak eksekutif, yang berasal dari Grand Artos Hotel & Convention, Plataran Heritage Borobudur Hotel & Convention Center, Hotel Puri Asri, dan Villa Borobudur Resort, telah mengajarkan berbagai materi, baik yang berhubungan dengan kualitas kuliner maupun tata kelola bisnis kecil dan menengah.

Materi pembelajaran seperti cara menentukan standarisasi kebersihan, menentukan variasi rasa & kemasan, dan menentukan biaya modal serta harga jual; merupakan hal-hal yang telah mereka pelajari sejak program mentoring dimulai pada Juli 2019. “Saya belajar banyak hal dari para Chef. Memang sulit untuk membuat materi yang diajarkan menjadi sebuah kebiasaan untuk kita. Tapi, ini adalah awal yang baik agar kita bisa lebih mengembangkan diri menjadi lebih baik” ujar Hanung, peserta Pasar Harmoni yang berjualan Soto Lesah.

Selain itu, Festival Sinergi dan Harmoni juga menyajikan perlombaan paduan suara dan mading untuk siswa-siswi SD, SMP, dan SMA. Perlombaan yang dilombakan mengusung tema Sinergi dan Harmoni, sehingga para siswa-siswi dapat mempunyai kepemilikan terhadap tema Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng dengan mengekspresikan tema tersebut ke dalam bentuk karya seni. Sekolah yang menjadi pemenang perlombaan mendapatkan hadiah berupa piala dan uang tunai.

Pertunjukan Tari Soreng juga menjadi daya tarik Festival Sinergi dan Harmoni. Tari Soreng sarat akan arti perjuangan seorang pemimpin yang tidak bisa dilakukan secara sendirian. Seorang pemimpin tidak akan hebat jika ia tidak dapat berkolaborasi dengan para prajurit yang ia pimpin. Perjuangan untuk menghadapi sebuah tantangan besar sebaiknya dilakukan secara bersama-sama. Dengan bersama, sesuatu yang tidak mungkin dapat menjadi kenyataan.

Tari Soreng merupakan sebuah gambaran narasi cerita Sinergi dan Harmoni yang merupakan tema Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng. Pertunjukan Tari Soreng diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi penyelenggara Borobudur Marathon 2019 Powered by Bank Jateng, warga lokal, dan pihak-pihak yang terlibat untuk selalu mengedepankan nilai Sinergi dan Harmoni; agar perhelatan Borobudur Marathon 2019 tidak hanya sekadar sukses, tetapi memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh warga lokal di kawasan Candi Borobudur.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak