alexametrics

16 Anggota DPRD Padangsidimpuan Keluarkan Mosi Tidak Percaya ke Siwan

loading...
16 Anggota DPRD Padangsidimpuan Keluarkan Mosi Tidak Percaya ke Siwan
Ketua dan anggota fraksi yang menyatakan sikap mosi tidak percaya kepada Ketua DPRD Padangsidimpuan, Siwan Siswanto. Foto: Zia/SINDOnews
A+ A-
PADANGSIDIMPUAN - Sebanyak 16 dari 30 jumlah anggota DPRD Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut), menyatakan sikap mosi tidak percaya kepada Siwan Siswanto yang baru saja dilantik sebagai Ketua DPRD defenitif. Sebanyak 16 anggota DPRD tersebut berasal dari empat fraksi dari tujuh fraksi yang ada.Keempat fraksi tersebut, yakni Fraksi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Fraksi Demokrat, Fraksi PDIP, dan Fraksi Hati Nurani Rakyat (Hanura). Pernyataan mosi tidak percaya tersebut tertuang dalam surat bersama ke-empat fraksi yang ditanda-tangani oleh seluruh anggota.
Alasan keempat fraksi mengeluarkan pernyataan mosi tidak percaya itu didasari sikap dan tata cara Ketua DPRD dalam memimpin jalannya persidangan yang tidak sesuai mekanisme. Sebab, tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12/2018, Pasal 95 Ayat 1, dimana pengambilan keputusan rapat DPRD pada dasarnya dilakukan dengan cara musyawarah untuk mufakat.

Sedangkan di ayat 2, dalam hal cara mengambil keputusan sebagai dimaksudn ayat 1, tidak tercapai, keputusan diambil berdasarkan suara terbanyak. Alasan lainnya adalah, agenda rapat paripurna adalah sangat penting dan mendesak, mengingat agenda utamanya adalah pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD). Untuk itu, dalam rangka memenuhi ketentuan perundang-undangan maka pimpinan DPRD harus mensegerakan rapat paripurna kembali dengan pimpinan Wakil Ketua DPRD.
"Sikap ini kami buat karena pimpinan sidang tidak mematuhi tata-tertib DPRD dan PP Nomor 12/2018," ujar Ketua Fraksi Hanura DPRD Padangsidimpuan, Marataman Siregar, kepada SINDOnews.Keluarnya kalimat tarik-menarik dari pimpinan sidang Siwan Siswanto menjadi salah satu alasan lainnya mereka membuat mosi tidak percaya. Sebab, kalimat tersebut terkesan untuk kepentingan kelompok, bukan masyarakat. "Kami kecewa, karena kalimat tarik-menarik tersebut terkesan untuk kepentingan saja,"t uturnya.Pernyataan yang sama juga datang dari Ketua Fraksi Gerindra, Moch Halid Rahman. Dia menjelaskan, sebagai ketua DPRD dan pimpinan sidang, semestinya Siwan menjaga marwah kelembagaan DPRD. "Ke depannya, kami meminta agar tidak dia yang memimpin sidang, sehingga marwah DPRD ini tetap terjaga," tandasnya.Sementara itu, Ketua Fraksi Demokrat Irfan Harahap mengatakan, tujuan dari mosi tidak percaya ini agar terjadi keseimbangan, terbangunnya komunikasi yang akhirnya menciptakan pembangunan yang merata di Kota Salak, karena DPRD sebagai salah satu lembaga penentu.
"Saya tegaskan, andaikan Siwan Siswato masih nekat memimpin sidang, maka berdasarkan hasil kesepatan 4 fraksi, kami akan WO," tegasnya.

(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak