alexametrics

Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Serang Kuliahkan 51 Mahasiswa di Untirta

loading...
Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Serang Kuliahkan 51 Mahasiswa di Untirta
Pemerintah Kabupaten Serang menandatangani kerja sama dengan Untirta, Senin (28/10/2019) untuk beasiswa 51 mahasiswa asal Kabupaten Serang.
A+ A-
SERANG - Pada momen peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun, Pemerintah Kabupaten Serang melakukan penandatanganan kerja sama dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Senin (28/10/2019). Kerja sama tersebut sebagai simbolis pemberian beasiswa untuk 51 mahasiswa asal Kabupaten Serang yang kuliah di Untirta.

Penandatangan kerja sama dilakukan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang dengan Rektor Untirta Fatah Sulaeman serta disaksikan langsung Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di kampus Untirta. “Perjanjian kerja sama ini menjadi bagian yang mendasari legalitas atas aktivitas penetapan hak dan kewajiban antara Untirta dan Pemkab Serang,” kata Tatu dalam sambutannya.

Pada 2018, ungkap Tatu, Dindikbud Kabupaten Serang melakukan perjanjian kerja sama dalam proses pemberian beasiswa untuk 38 mahasiswa asal Kabupaten Serang pada Program Pendidikan dan Pelatihan Industri Kimia (P3TIK) di Untirta. Seluruh mahasiswa tersebut telah selesai diwisuda.



Selanjutnya pada tahun 2019, kata Tatu, Pemkab Serang kembali menitipkan sebanyak 44 mahasiswa melalui program pendidikan yang sama atau PT3TIK. Kemudian pada tahun ini pula, Pemkab Serang memberikan beasiswa untuk 7 mahasiswa yang telah lolos seleksi pada program pendidikan di Fakultas Kedokteran Untirta. “Jumlah penerima beasiswa tahun ini bertambah, dengan dukungan biaya dari APBD Kabupaten Serang,” ujarnya.

Selain itu, Pemkab Serang melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) BUMD PD BPR Serang, telah membantu untuk biaya masuk dan biaya kuliah selama dua semester untuk dua mahasiswa. Yakni Mohamad Akbar Ananda asal Kecamatan Pontang yang tercatat di Fakultas Pertanian Jurusan Agroekoteknologi Rp15 juta, dan Acip Saepullah asal Kecamatan Tirtayasa yang tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Hukum sebesar Rp18 juta.

Tatu berharap, para mahasiswa penerima beasiswa bisa menjalani perkuliahan dengan baik, yang pada akhirnya bisa mengabdikan diri untuk masyarakat Kabupaten Serang. “Ke depan saya berharap, agar kerja sama ini dapat dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Untirta Fatah Sulaeman mengapresiasi kinerja Bupati Serang yang berinovasi memberikan beasiswa kepada mahasiswa melalui APBD. Inovasi atau kebijakan ini akan ditiru oleh daerah lain di Banten. “Ibu Bupati Serang sudah memotivasi kepala daerah lain yang berinsiatif memberikan beasiswa di Fakultas Kedokteran Untirta kepada warganya,” ujarnya.
(alf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak