Gelar Ritual Budaya Religi, Bupati Bolsel dan Ribuan Warga Mandi Safar

Rabu, 23 Oktober 2019 - 17:42 WIB
Gelar Ritual Budaya Religi, Bupati Bolsel dan Ribuan Warga Mandi Safar
Gelar Ritual Budaya Religi, Bupati Bolsel dan Ribuan Warga Mandi Safar
A A A
BOLSEL - Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru bersama ribuan warga Kecamatan Tomini menggelar ritual budaya mandi Safar di sungai Desa Nunuka Raya, Rabu (23/10/2019). Setiap tahunnya acara mandi Safar menjadi budaya turun-temurun terus dilestarikan masyarakat Bolsel, khususnya warga Kecamatan Tomini.

“Salah satu ritual budaya tahunan di Bolsel, yaitu mandi Safar. Mandi Safar adalah budaya lokal yang nuansanya religi. Hari ini kita berdoa, semoga segala kesialan, keburukan, kejahatan selama satu tahun yang ada di diri kita masing–masing akan di angkat dan dijauhkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala," ujar Iskandar.

Iskandar mengatakan, mandi Safar bertujuan untuk menjauhkan segala mara bahaya dan bencana sepanjang setahun ke depan. "Kita doakan tidak ada bencana yang akan menimpa masyarakat yang ada di Bolsel. Juga kerukunan, kekeluargaan dan kebersamaan akan selalu menyertai kita semua," katanya.

Menurutnya, ritual budaya tahunan mandi Safar akan dijadikan agenda tahunan dan akan dianggarkan lewat APBD. "Mandi Safar ini akan terus dilestarikan dan dijadikan agenda tahunan. Ke depan akan digilir di setiap desa," jelasnya.

Ritual budaya ini, merupakan acara penutup dari sejumlah rangkaian budaya mandi Safar. Sebelum mandi Safar, ada kegiatan religi lainnya seperti dzikir dan do'a di setiap rumah penduduk.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1109 seconds (0.1#10.140)