alexametrics

10 Pekerja PT Kereta Api Cepat Indonesia-China Diperiksa Polisi Terkait Ledakan Pipa Minyak

loading...
10 Pekerja PT Kereta Api Cepat Indonesia-China Diperiksa Polisi Terkait Ledakan Pipa Minyak
Sebanyak sepuluh pekerja dari PT Kereta Api Cepat Indonesia-China (KCIC) diperiksa Polsek Cimahi Selatan terkait ledakan dan kebakaran pipa minyak milik Pertamina. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
CIMAHI - Sebanyak sepuluh pekerja dari PT Kereta Api Cepat Indonesia-China (KCIC) diperiksa Polsek Cimahi Selatan terkait ledakan dan kebakaran pipa minyak milik Pertamina di Kampung Mancong RT 04/01, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, pada Selasa 22 Oktober 2019.

"Sebanyak 10 orang saksi akan diperiksa hari ini. Kami masih menunggu karyawan dari pihak KCIC di Polsek," kata Kapolsek Cimahi Selatan Kompol Sutarman saat di lokasi kebakaran, Kampung Mancong Kelurahan Melong, Cimahi Selatan, Jawa Barat.

Tim Unit Reskrim Polsek Cimahi Selatan bakal memeriksa 10 saksi, Rabu (23/10/2019). Pemeriksaan para saksi ini dilakukan untuk membuat terang benderang peristiwa kebakaran yang terjadi pada pipa bahan bakar Pertamina tersebut.



Sutarman mengatakan, dalam pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) ini terdapat sekitar 13 pekerja yang terdiri dari 10 warga negara Indonesia dan tiga WNA China. (Baca juga; Seorang Pekerja Asing Tewas dalam Insiden Ledakan dan Kebakaran Pipa Minyak di Cimahi)

Satu dari tiga WNA itu, kata Kapolsek, meninggal dunia di lokasi kejadian, yakni Li Xuanfeng (41). Korban merupakan operator alat berat crane. Sedangkan dua lainnya selamat. "Saat kejadian, 13 orang yang bekerja, hanya satu meninggal, sedangkan 12 lainnya selamat," kata Sutarman.

Sebelumnya, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi menunjuk Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jabar Kombes Pol Ikhsantyo Bagus untuk memimpin penyelidikan kasus meledak dan terbakarnya pipa BBM milik Pertamina. Selain itu, untuk mengungkap kasus ini, Polda Jabar juga melibatkan tim dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri.

Diketahui, pipa penyalur BBM Pertamina meledak dan terbakar pada Selasa 22 Oktober 2019 sekitar pukul 13.00 WIB. Akibat peristiwa itu, Li Xuanfeng (41) warga negara China, karyawan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, tewas. Korban terjebak dalam kobaran api yang tiba-tiba muncul menyusul ledakan setelah tiang pancang memutuskan pipa BBM Pertamina tersebut.

Kebakaran hebat pipa BBM itu berlangsung hampir selama 5 jam. Petugas baru berhasil memadamkan api sekitar pukul 17.25 WIB. Pemadaman baru benar-benar tuntas sekitar pukul 18.05 WIB setelah petugas Damkar Kota Cimahi yang dibantu Damkar Kabupaten Bandung dan Bandung Barat menyiramkan cairan kimia khusus AFFF Foam. (Baca juga; PT KCIC Akui Lokasi Ledakan Pipa Minyak Dekat Proyek Pengerjaan Pilar)
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak