Bupati Karawang Dibonceng Motor Pantau Kebakaran Gunung Sirnalanggeng

Rabu, 23 Oktober 2019 - 10:24 WIB
Bupati Karawang Dibonceng Motor Pantau Kebakaran Gunung Sirnalanggeng
Bupati Karawang Dibonceng Motor Pantau Kebakaran Gunung Sirnalanggeng
A A A
KARAWANG - Untuk meninjau lokasi kebakaran di Gunung Cengkek dan Gunung Sirnalanggeng, Kecamatan Tegalwaru, Bupati Karawang Cellica Nurachadiana terpaksa membonceng motor.

Dua gunung tersebut dilanda kebakaran sejak Senin 21 Oktober 2019 hingga Rabu (23/10/2019) masih membara. Petugas pemadam kebakaran dibantu, masyarakat setempat berupaya memadamkan kobaran api yang terus menjalar mendekati pemukiman penduduk.

"Iya jadi kemarin saya sengaja mendatangi lokasi kebakaran itu hingga dini hari. Lokasinya di hutan jadi memang sulit untuk dilalui mobil, terpaksa membonceng motor menuju lokasi. Saya ingin melihat langsung situasinya seperti apa dan bagaimana bisa terbakar. Mungkin karena musim kemarau jadi hutan mudah terbakar, tapi kita harus mencari cara agar api tidak menjalar jauh," kata Cellica, Rabu (23/10/2019).

Menurut Cellica setelah melihat langsung lokasi kebakaran tersebut dia menilai penanganan musibah kebakaran ini tidak bisa hanya ditangani oleh petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang.

Oleh karena itu dirinya akan kordinasi dengan BNPB Pusat untuk bersama-sama menangani dan mengantisipasi kebakaran berlanjut. "Sampai hari ini sudah 3 hari belum bisa kita atasi dan api terus menjalar. Kalau tidak ada bantuan dari pusat kita kesulitan memadamkan api," katanya.

Menurut Cellica hingga saat ini sudah sekitar 50 hektare wilayah yang terbakar. Dia khawatir jika tidak bisa dipadamkan api akan terus menjalar lebih luas. "Sementara ini kita melakukan penyekatan wilayah yang menuju pemukiman agar api tidak kesana. Pemadaman masih terus dilakukan petugas dan masyarakat sekitar," ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3699 seconds (0.1#10.140)