alexametrics

Bupati Morowali: Kepala Desa Harus Inovatif dan Visioner

loading...
Bupati Morowali: Kepala Desa Harus Inovatif dan Visioner
Bupati Morowali Taslim melantik kades di dua kecamatan
A+ A-
BUNGKU - Mulai hari ini hilangkan kata pendukung dan bukan pendukung, berikan mereka perlakuan yang sama dan layani mereka dengan tulus dan ikhlas karena semua itu adalah masyarakatnya.

Demikan ditegaskan Bupati Morowali Taslim saat melantik empat kepala desa di dua kecamatan Bungku barat dan Witaponda serta pengresmian anggota Badan Permusyawaratan Desa–Pengganti Antar Waktu, Senin (21/10/19).

Bupati Taslim menekankan seorang kepala desa harus mewujudkan program-program yang diusung saat maju di pilkades karena itu adalah janji politiknya. Di samping itu kades harus mendengarkan usulan dari bawah (bottom up) dan tetap membangun sinergi dengan semua stakeholder yang ada di desa, terlebih lagi dengan BPD.



"Kepala desa harus menjadi sosok yang inovatif dan visioner yang akan mengantarkan desa pada pembangunan yang berkelanjutan sekaligus mengedepankan unsur-unsur humanis yang dapat mendongkrak martabat desa dengan ciri khasnya," tegas Taslim.

Taslim juga mengharapkan kepala desa memahami tata kelola desa (rural governance), pemerintahan desa (rural government) yang baik, untuk itu kepala desa harus mengikuti bimbingan teknis tentang hal itu. Karena ke depan semakin banyak tugas dan tanggung jawab yang menjadi beban kepala desa.

"Tanpa ilmu tata kelola desa dan pemerintahan yang dimiliki akan sulit untuk mewujudkan program desa yang rencanakan," tambah Taslim.

Pelantikan dihadiri oleh Wakil Bupati Morowali Najamudin, Wakil Ketua DPRD Morowali Syarifudin Hafid, Anggota DPRD Komis III Syahrudin Attamimi, Asisten I bidang Pemerintahan Bambang S. Soerojo, Ketua dan Wakil ketua TP-PPK Kabupaten Morowali, Plt Kadis Kominfo Syahrur , dan para kepala kepala OPD Pemkab Morowali, Camat Witaponda Arsail dan Camat Bungku Barat Jalaludin Ismail, Kapolsek Bungku Barat Iptu P.Subakti, para kepala desa se-Kecamatan Bungku Barat dan Witaponda, tokoh masyarakat dan agama.

Adapun kepala desa yang dilantik adalah Kecamatan Bungku Barat, Ismail Rahman, Desa Wosu dan Abdul Hakim, Desa Larobenu, Kecamatan Witaponda, Muhammad Kasim, Desa Emea dan Usman Desa Solonsa Jaya. Untuk pengurus BPD PAW yang di resmikan adalah Kecamatan Bungku Barat adalah Aswadi dan Yuli, desa Umpanga, Ismawati dan Paino Desa Margamulya dan Samsuddin Desa Wata.

Kegiatan ini dimeriahkan oleh Sanggar Seni Bumi Maleo pimpinan Mukim, yang menampilkan tarian manca saat menyambut kedatangan bupati dan wakil bupati beserta rombongan.

Pada sesi akhir kegiatan Wakil Bupati atas nama Pemkab Morowali didampingi bupati dan rombongan menyerahkan bantuan alat hadrah untuk Wanita Islam Al-Khairat (WIA ) Kecamatan Bungku Barat, Bumi Raya dan Witaponda.
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak