alexametrics

Kebakaran Gunung Rinjani, 30 Wisatawan Berhasil Dievakusi

loading...
Kebakaran Gunung Rinjani, 30 Wisatawan Berhasil Dievakusi
Kebakaran hutan masih terjadi di jalur pendakian Gunung Rinjani. Titik api awalnya hanya berada di jalur pendakian Senaru Lombok Utara. Kini semakin meluas hingga jalur sembalun antara pos satu dan dua. iNews TV/Ramli
A+ A-
LOMBOK TIMUR - Kebakaran hutan masih terjadi di jalur pendakian Gunung Rinjani. Titik api awalnya hanya berada di jalur pendakian Senaru Lombok Utara. Kini semakin meluas hingga jalur sembalun antara pos satu dan dua.

Satgas Karhutla yang terdiri dari Personil TNI Polri, TNGR, BPBD dibantu Tim SAR Lombok Timur berjibaku memadamkan kobaran api. Titik api mulai terdeteksi pada 18 Oktober lalu di jalur pendakian Senaru. Hingga, Senin (21/10/2019) sore, Petugas masih berupaya memadamkan kobaran api dengan alat seadanya.

Ketua SAR Lombok Timur Lukman Hakim mengatakan, kecepatan angin yang relatif kencang dan kondisi tanaman yang mudah terbakar, seperti rumput savana, alang-alang yang kering akibat kemarau panjang mengakibatkan api dengan cepat meluas dan menyulitkan proses pemadaman. "Ditambah lokasi kebakaran yang cukup terjal," ujar Lukman.



Saat ini kata Lukman, timnya fokus membantu evakuasi pendakian. sebanyak 30 pendaki dan 26 diantaranya wisawatan mancanegara yang naik dari jalur sembalun berhasil dievakuasi.

petugas langsung membawa pendaki ke puskesmas sembalun untuk memulihkan kondisi kesehatan mereka. "Dari 30 pendaki, tercatat 26 orang wisatawan mancanegara yang berhasil kita evakuasi. Kita evakuasi dari pos 1 menggunakan trail dan tandu," katanya.

Akibat kebakaran ini, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani menutup semua jalur pendakian sejak 20 Oktober kemarin sampai waktu yang belum ditentukan.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak