alexametrics

Jika Api Terus Membesar, Kebakaran Hutan Gunung Ijen Bisa Berstatus Tanggap Darurat

loading...
Jika Api Terus Membesar, Kebakaran Hutan Gunung Ijen Bisa Berstatus Tanggap Darurat
Hutan di kawasan Pegunungan Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, masih terbakar sampai, Senin (21/10/2019).iNewsTV/Eris Utomo
A+ A-
BANYUWANGI - Hutan di kawasan Pegunungan Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, masih terbakar sampai, Senin (21/10/2019). Bila api masih terus membesar dan lokasi kebakaran meluas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi bakal menetapkan status Tanggap Darurat.

“Medan yang berat dan angin yang kencang membuat petugas gabungan tidak mampu menjinakan api yang terus membesar. Relawan dan Tim SAR gabungan kesulitan memadamkan kobaran api yang membakar ilalang dan pohon karena pemadaman dilakukan secara manual dengan tenaga manusia,” kata Kabag Kebencanaan BPBD Banyuwangi, Eka Muharam.

Eka menambahkan, pihak terkait terus melakukan monitoring dan evaluasi menyikapi kebakaran lahan dan hutan. Kemungkinan akan berstatus tanggap darurat, bila penanganan secara manual api tidak kunjung padam.



Taman Wisata Alam Kawah Gunung Ijen masih ditutup untuk umum karena kondisinya dinilai membahayakan. Kobaran api yang membakar semak dan pepohonan di kawasan Hutan Konservasi Taman Wisata Alam Kawah Gunung Ijen masih belum dapat dipadamkan.

Petugas gabungan dan relawan yang dikerahkan kesulitan mampu menjinakan api akibat embusan angin kencang. Semak belukar serta pepohanan yang kering membuat api terus membesar dan merembet ke lokasi lain. Petugas gabungan kewalahan memadamkan api yang terus membesar dan merembet ke lokasi lain karena angin bertiup kencang.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, kebakaran lahan dan hutan terjadi sejak Sabtu 19 Oktober 2019 malam. Diketahui ada dua titik sumber api di Gunung Rante yang merupakan hutan lindung dan satu titik api berada di lokasi Hutan Konservasi Taman Wisata Alam Kawah Gunung Ijen.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak