Puting Beliung Terjang Bandung Barat, Sejumlah Rumah Warga Rusak

Senin, 21 Oktober 2019 - 15:09 WIB
Puting Beliung Terjang Bandung Barat, Sejumlah Rumah Warga Rusak
Puting Beliung Terjang Bandung Barat, Sejumlah Rumah Warga Rusak
A A A
BANDUNG BARAT - Beberapa rumah warga mengalami kerusakan dan sejumlah pohon bertumbangan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) akibat diterjang angin putting beliung, Senin (21/10/2019) siang.

Pohon tumbang terjadi di Jalan Kolonel Masturi, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang dan melintang ke tengah jalan. Petugas kepolisian dan TNI dibantu oleh warga kemudian memotong pohon yang tumbang ke jalan karena menghalangi laju kendaraan.

Satu bangunan sekolah di Desa Jayagiri juga dilaporkan mengalami kerusakan. Termasuk beberapa rumah dan pohon yang rusak serta tumbang di wilayah Kampung Gandok, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang.

Di wilayah Kecamatan Cisarua, puting beliung mengakibatkan genteng atap rumah warga beterbangan. "Rumah warga lain lebih parah, bahkan ada yang sempat tertimpa genteng yang kebawa terbang," kata seorang warga Desa Pasirhalang, Kecamatan Cisarua, Freni Mulya (38).

Menurut dia, angin puting beliung datang secara tiba-tiba yang membuat sebagian warga yang sedang beraktivitas di rumah kaget. Apalagi kondisi cuaca sedang panas dan tidak terlihat tanda-tanda akan turun hujan. Angin berhembus sangat kencang dari arah timur ke barat dan berlangsung dalam hitungan detik. Namun hembusan angin kencang itu datang berulang-ulang.

Dikonfirmasi terpisah Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, Duddy Prabowo menyebutkan, belum menerima laporan resmi terkait dengan dampak kerusakan akibat adanya angin puting beliung yang terjadi Senin pagi.

Namun pihaknya sempat melihat langsung pohon tumbang di Jalan Kolonel Masturi yang sedang dibersihkan petugas."Saat itu memang saya sedang melintas di lokasi dan petugas sudah menanganai langsung pohon yang tumbang menghalangi jalan itu," ucapnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4612 seconds (0.1#10.140)