alexametrics

ISBI Gelar Pelatihan Pertama 2D bagi Pelajar di Papua

loading...
ISBI Gelar Pelatihan Pertama 2D bagi Pelajar di Papua
Instituste Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua menggelar pelatihan animasi 2D kepada siswa-siswa SMA dan SMK di Kota Jayapura. iNews TV/Edy S
A+ A-
JAYAPURA - Instituste Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua menggelar pelatihan animasi 2D kepada siswa-siswa SMA dan SMK di Kota Jayapura.

Pelatihan yang berlangsung dua hari sejak kemarin 17 Oktober dan berakhir hari ini itu, diselenggarakan di kampus ISBI Tanah Papua di gedung Taman Budaya Expo Waena Jayapura. Pelatihan animasi 2D yang diklime pertama kali di Jayapura ini dimaksudkan untuk pengembangan kreatifitas kaum muda dalam membuat animasi.

"Harapkan kami, pelatihan ini mampu membangkitkan kreatifitas anak muda kita untuk mengeksplorasi seni dan budaya melalui animasi. Kita berharap mereka bisa membuat animasi digital dengan konsep budaya Papua," kata Syafiudin, koordinator pelatihan, Jumat (18/10/2019).



Dijelaskan, pelatihan animasi yang diajarkan tidak muluk-muluk, sederhana namun mudah dilaksanakan untuk tingkat pemula. "Ini adalah dasar animasi. Bagaimana menggambar frame to frame, bagaimana terus menggerakkan gambar itu, intinya mereka paham bagaimana membuat proses dasar sebuah animasi, dan ini mudah dipahami," ucapnya.

Rektor ISBI Tanah Papua, I Wayan Rai mengaku, pelatihan yang berbasic kreatifitas penting dilakukan kepada kaum muda dengan jiwa kreatifitas tinggi. Papua harus bisa dan bahkan melampaui wilayah lain di Indonesia dalam hal kreatifitas.

"Jangan hanya menjadi penonton, lihat di daerah lain bisa bikin ini itu, tapi Papua belum. Makanya segala yang berkaitan dengan kreatifitas baik untuk dikenakan dan dikembangkan bagi anak muda kita. Ini jamannya mereka dan nantinya akan diwariskan ke adik-adik mereka lagi," kata Rai.

Dirinya berharap, pelatihan kreatifitas juga dilakukan oleh pihak terkait, baik pemerintah daerah maupun lembaga dengan program CSR nya.

"Kalau anak -anak muda Papua kreatif, kita tidak takut mereka kalah bersaing. Mereka mampu. Hanya saja, semua pihak juga harus memperhatikan ini. Harus fokus ada pelatihan pelatihan yang sifatnya pengembangan kualitas diri," katanya.

Peserta dalam kegiatan itu meliputi perwakilan dari SMK Negeri VII Jayapura, SMA Negeri IV Jayapura, SMK Negeri V Jayapura, SMK Negeri III Jayapura dan beberapa sekolah lainnya di Jayapura dan sekitarnya. Dalam kegiatan itu juga dilakukan pameran seni bertajuk 'Bangun Tidur', yang dilakukan oleh para mahasiswa ISBI Tanah Papua.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak