Morowali Kondusif untuk Pelaku Usaha

Selasa, 15 Oktober 2019 - 18:01 WIB
Morowali Kondusif untuk Pelaku Usaha
Morowali Kondusif untuk Pelaku Usaha
A A A
MOROWALI - Bupati Morowali Taslim buka kegiatan pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Daerah Kabupaten Morowali. Acara yang berlangsung di Gedung Serba Guna Ahmad Hadie mengusung tema “Melalui Pelatihan Kewirausahaan Bagi Mikro Kecil yang Terintegrasi, kita wujudkan UMKM Handal, Mampu, Tangguh dan Mandiri menuju Masyarakat Morowali Sejahterah Bersama”.

Pembukaan pelatihan juga dihadiri Wakil Bupati Morowali, Najamudin, Kadis Koperasi dan UMKM, Yusman Mahbub, Creative Preneur C. Rockets Indonesia Jakarta, Sabar P Situmorang, Pejabat Struktural Marjan Maguna, Kepala-Kepala OPD, para Camat dan para Kepala Desa serta peserta pelatihan.

Ketua penyelanggara kegiatan, Darwin Nuhun mengatakaan diikuti 40 peserta pelatihan yang berasal dari beberapa kecamatan di Kabupaten Morowali yaitu, Kecamatan Bungku Selatan, Bungku Pesisir, Bahodopi, Bungku Timur, Bungku Tengah, Bungku Barat dan Bungku Pesisir dengan tujuan memberikan pengetahuan kewirausahaan bagi pelaku UMKM.

Bupati Morowali Taslim mengatakan dengan dihadirkan Camat dalam kegiatan pelatihan agar ilmu yang didapatkan pada kegiatan pelatihan ditransfer kembali kepada seluruh masyarakatnya. "Sejatinya, seluruh kepala OPD harus selalu meningkatkan pengetahuan tentang kewirausahaan agar apa yang menjadi visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Morowali dapat terpenuhi guna meningkatkan kesejahteraan bersama," ujarnya saat membuka pelatihan.

Bupati Taslim melanjutkan, dibeberapa daerah telah memanfaatkan potensi lokal untuk dijadikan ruang usaha. Artinya, untuk membangun Morowali harus mampu menyiapkan objek usaha dan Sumber Daya Manusia (SDM) agar masyarakat dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki. Oleh karenanya masyarakat juga mampu meyakinkan kepada investor dan pelaku usaha lainnya bahwa daerah ini sangat kondusif dan potensial untuk berinvestasi.

“Untuk Morowali Bupati dan Wakil Bupati tidak perlu energi besar untuk membangun potensi daerah karena Morowali sudah didukung kekayaan sumber daya alam yang didukung dengan kemampuan memberikan pelayanan yang prima. Ini memudahkan pelaku usaha dan investor. Dengan itu sudah sangat membantu kelancaran melakukan investasi. Tetap harus sesuai aturan yang ada," urai mantan anggota DPRD Morowali.

Bupati sangat mengharapkan melalui kegiatan pelatihan kewirausahaan dapat menyadarkan para pelaku UMKM betapa pentingnya ilmu kewirausahaan. Demikian pula kegiatan ini ilmunya dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat dan daerah. Serta menambah wawasan yang dapat menumbuhkan jiwa entrenuership peserta dan sinergitas kegiatan OPD selalu mengarah pada penguatan ekonomi masyarakat.

"Oleh karena itu, Kepala OPD harus memiliki kemampuan kewirausahaan sehingga dapat menghasilkan kegiatan yang memiliki nilai ekonomis dan profit," tutup Taslim.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4596 seconds (0.1#10.140)