alexametrics

Tangkal Radikalisme, Pemkot Palu Bekali Camat dan Lurah Pemahaman Pancasila

loading...
Tangkal Radikalisme, Pemkot Palu Bekali Camat dan Lurah Pemahaman Pancasila
Wali Kota Palu, Hidayat, membuka secara resmi pembekalan Pancasila untuk menangkal paham radikal dalam beragama, Selasa (15/10/2019).
A+ A-
KOTA PALU - Wali Kota Palu, Hidayat, membuka secara resmi pembekalan Pancasila untuk menangkal paham radikal dalam beragama, Selasa (15/10/2019).

Kegiatan yang ditujukan bagi para camat, lurah, satgas K5, lembaga adat, suro lembaga adat, dan para pengurus masjid se-Kota Palu, itu dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Kota Palu, Abidin.

Wali Kota Hidayat mengatakan, pembekalan Pancasila ini dilaksanakan atas saran dari Kapolda Sulteng Brigjen. Pol. Lukman. Juga bekerjasama dengan Badan Kesbangpol Palu dan Polda Sulawesi Tengah, "Kita ingin menangkal paham-paham yang tidak sejalan yang notabene mengganggu ketertiban, maupun paham-paham yang mengatasnamakan agama tapi tidak sesuai," ungkap Hidayat.



Wali Kota mengatakan, sebagai umat Islam kita seharusnya mencontoh perilaku dan perbuatan Nabi Muhammad Saw yang di mana akhlak beliau sangatlah santun luar biasa terhadap sesama.

"Bayangkan beliau (Nabi Muhammad--red) yang sudah diludahi dan siapa pun itu, beliau tidak ada sedikitpun niat untuk membalasnya. Justru beliau menjenguk pelakunya saat sakit," katanya.

Menurut Wali kota, apa yang dilakukannya selama ini adalah menangkal paham-paham radikal yang betul-betul berkedok agama, sehingga apabila dibiarkan itu sangatlah berbahaya.

"Coba kita amati beberapa tahun lalu, sering terjadi perkelahian anak-anak muda antar kelurahan di kota Palu. Kalau mau ditanya mereka apa yang menyebabkan itu, mereka pun sebenarnya tidak tahu," lanjutnya.

Itulah sebabnya, katanya perlunya memperkuat Satgas K5 dan Lembaga Adat untuk menjaga nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Kaili yaitu nilai kekeluargaan, toleransi, dan kegotongroyongan.
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak