alexametrics

Pemkab Jayapura Sambut Hangat Proyek Palapa Ring

loading...
Pemkab Jayapura Sambut Hangat Proyek Palapa Ring
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang telah meresmikan proyek pembangunan Palapa Ring.
A+ A-
SENTANI - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang telah meresmikan rampungnya proyek pembangunan Palapa Ring pada hari ini, Senin (14/10/2019). Dengan demikian internet kecepatan tinggi kini dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.

Palapa Ring merupakan back bone atau tulang punggung internet kecepatahn tinggi yang menyatukan seluruh wilayah Nusantara. Bagi Gustaf, pembangunan jaringan serat optik Palapa Ring merupakan upaya nyata pemerintah pusat untuk memberikan keadilan bagi seluruh warga negara Indonesia dalam hal kemudahan menikmati akses internet murah dan kecepatan tinggi.

"Palapa Ring akan memberi kemudahan bagi masyarakat Jayapura dan Papua dalam mengakses internet seperti saudara-saudaranya di Jawa dan Indonesia bagian barat lainnya," kata Gustaf, Senin (14/10/2019) ketika dihubungi lewat sambungan telepon.



Gustaf percaya pembangunan Palapa Ring yang mengantarkan era digital memasuki Papua akan turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi, dan mendorong e-commerce dan start up berkembang lebih cepat di Bumi Cenderawasih.

Menurut Gustaf, khusus untuk Kabupaten dan Kota Jayapura yang menjadi pintu masuk kawasan Asia-Pasifik maka pertumbuhan ekonomi digital tersebut akan naik dengan biaya internet yang murah. "Bukan hanya dari sektor pertumbuhan ekonomi digital yang akan bertambah, namun dari sisi pendapatan negara juga akan naik," ujarnya.

Dia menjelaskan melalui proyek Palapa Ring ini juga akan banyak produk-produk Papua, potensi-potensi wisata dan lain sebagainya yang dapat dijual melalui media sosial maupun perdagangan elektronik (e-commerce) lokal.

Gustaf menambahkan, saat ini Pemkab Jayapura terus mendorong untuk menciptakan SDM yang siap menghadapi era digital supaya masyarakat Jayapura tak hanya jadi penonton. Untuk hal tersebut Pemkab Jayapura menurutnya membangun kerja sama dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi yang ada di Jayapura dan Papua.

"Di kampus-kampus di Jayapura sudah tumbuh komunitas digital. Merekalah yang akan menciptakan pasar digital dan star up-start up," kata Gustaf.

Pemkab Jayapura menggunakan konsep ABGC (Academician, Bussiness, Goverment, Community) dalam menumbuhkan komunitas-komunitas TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi) yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi digital.
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak