alexametrics

Cegah Balap Liar, Gorontalo Butuh Sirkuit

loading...
Cegah Balap Liar, Gorontalo Butuh Sirkuit
Tim Kobra Polres Gorontalo Kota saat mengglar operasi balap liar di Jalan Nani Wartabone, Bundaran Holonthalo Indah (HI), Kota Gorotalo, beberapa waktu lalu./Foto/Istimewa
A+ A-
GORONTALO - Ketua KNPI Kota Gorontalo Dita Angriani Polapa mengatakan, salah satu solusi untuk mencegah aksi balap liar yang marak terjadi adalah dengan membangun sirkuit balap di Gorontalo. Menurut dia, dengan adanya sirkuit balap, anak muda bisa menyalurkan hobi outomotif mereka dengan benar. Apalagi, banyak generasi muda Gorontalo yang sering menjuarai event-event balap.

"Kota Gorontalo sudah sangat pantas memiliki sirkuit balap. Dengan adanya sirkuit balap, akan membantu Pemerintah Kota Gorontalo untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sirkuit tersebut bisa digunakan untuk mendidik anak-anak muda yang hobi otomotif," ujar Dita dalam acara dialog publik di Kota Gorontalo, Minggu (13/10/2019).Dia menambahkan, keberadaan sirkuit balap bisa menjadikan Kota Gorontalo sebagai pusat pelaksanaan event balap dari berbagai jenjang atau tingkatan seperti kejurda, kejurnas, hingga kejuaraan internasional. "Sekarang ini, orang tua di Gorontalo masih memilih Sentul sebagai pusat pendidikan balap bagi anak mereka. Seperti saya, yang sudah merencanakan anak saya untuk di didik di Sekolah Balap yang ada di Sentul. Jika Pemerintah Kota Gorontalo bersedia membangun sirkuit balap di daerah, bisa saja membatalkan niat saya ke Sentul," terang Dita.Sebagai pimpinan organisasi kepemudaan di Kota Gorontalo, pihaknya akan mengajukan dokumen pembangunan sirkuit ke Pemerintah Kota Gorontalo dan DPRD Kota Gorontalo. "Ini menjadi salah satu program yang diusulkan KNPI Kota Gorontalo ke Pemerintah Kota Gorontalo dan DPRD Kota Gorontalo. Untuk lokasinya, menurut saya paling tepat di Gelanggang Olahraga Nani Wartabone. Kemudian di Gorontalo sendiri, baru di Kabupaten Gorontalo sedang proses pembuatan sirkuit balap," jelas Dita.
Ketua DPRD Kota Gorontalo, Risman Taha menjelaskan, pihaknya sangat mendukung usulan KNPI Kota Gorontalo tentang pembangunan sirkuit balap. "Usulan KNPI harus ditindaklanjuti Pemerintah Kota Gorontalo. Kami di DPRD Kota Gorontalo siap mengawal dan merealisasikan aspirasi tersebut," ungkap Risman.

Sementara itu, Wali Kota Gorontalo Marten Taha mengatakan, usulan KNPI sangat bagus. Namun, pihaknya terlebih dahulu harus memahasnya dengan instansi terkait. "Usulan ini menurut saya bagian dari aspirasi masyarakat, sehingga perlu bagi kami untuk mengkajinya sebagai wujud dari tindak lanjut dari Pemerintah Kota Gorontalo. Karena dalam melakukan pembangunan, banyak hal yang menjadi pertimbangan, salah satunya asas manfaat untuk masyarakat secara jangka panjang," tutur Marten.

(saz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak