alexametrics

Menkes Desak Daerah Terbitkan Perda Penanggulangan HIV/AIDS

loading...
Menkes Desak Daerah Terbitkan Perda Penanggulangan HIV/AIDS
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meminta pemerintah kabupaten dan kota bisa menerbitkan peraturan daerah (Perda) tentang penanggulangan HIV/AIDS. Foto/SINDOnews/Miftachul Chusna
A+ A-
NUSA DUA - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meminta pemerintah kabupaten dan kota bisa menerbitkan peraturan daerah (Perda) tentang penanggulangan HIV/AIDS.

Dengan adanya Perda diharapkan bisa membantu pencapaian target penanggulangan HIV/AIDS pada tahun 2020.

Menurut Menkes, dengan Perda juga membuat kabupaten dan kota bisa memiliki kewajiban menemukan kasus HIV/AIDS. "Dengan begitu kita bisa lebih cepat menemukan mereka," kata Nila di sela pembukaan pertemuan kota-kota di Asean menuju Zero HIV/AIDS di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (11/10/2019).



Nila memperkirakan ada 642.000 orang di Indonesia terkena HIV/AIDS, tapi baru sekitar 358.000 atau sekitar 58% yang mengetahui status penyakit mereka.

Dengan kata lain, ada 42% orang terkena HIV/AIDS yang punya perilaku berisiko menularkan kepada orang lain sehingga merugikan orang yang tidak bersalah.

Di Indonesia, lanjut Menkes, saat ini baru 24 kota dan kabupaten yang masuk dalam proyek Asean Cities Getting to Zeros dari total 73 kota yang ada di kawasan Asean.

Karenanya, Nila menandaskan Indonesia perlu bekerja keras untuk bisa mencapai target pada tahun 2020. "Kalau hanya kita yang bergerak, saya rasa kurang kuat," tandasnya.

Jika daerah ikut bertanggungjawab menanggulangi HIV/AIDS, Nila berharap pada akhir tahun ini orang yang berstatus HIV/AIDS bisa mencapai 423 ribu atau sekitar 70%. "Sehingga mereka bisa segera diberi obat," sebutnya.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak