alexametrics

Sapa Masyarakat 7 Wilayah Adat Papua, Menhan Diangkat Jadi Anak Suku Tabi

loading...
Sapa Masyarakat 7 Wilayah Adat Papua, Menhan Diangkat Jadi Anak Suku Tabi
Menhan Ryamizard saat pemakaian atribut adat Suku Tabi oleh Kepala Suku se-wilayah Tabi Ondofoto Ramses Ohee, Kamis (10/10/2019). Foto SINDOnews/SM Said
A+ A-
JAYAPURA - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menyapa masyarakat tujuh wilayah Adat di Papua dan Papua Barat di Mega Futsal Abepura, Jayapura, saat kunjungan kerja ke Papua, Kamis (10/10/2019). Ketujuh wilayah adat tersebut, yaitu Suku Tabi, Saireri, Ha Anim, Domberay, Bomberay Meepago, dan Lapago.
Sapa Masyarakat 7 Wilayah Adat Papua, Menhan Diangkat Jadi Anak Suku Tabi

Dalam kesempatan tersebut Menhan Ryamizard Ryacudu diangkat menjadi bagian Suku Tabi dengan gelar Kakak Besar Suku Tabi. Pengangkatan Menhan sebagai Anak Adat Suku Tabi ditandai dengan pemakaian atribut adat Tabi oleh Kepala Suku se-wilayah Tabi Ondofoto Ramses Ohee, serta ditandai dengan penandatanganan prasasti pembangunan tugu monumen Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu sebagai Anak Adat Tabi.

Sapa Masyarakat 7 Wilayah Adat Papua, Menhan Diangkat Jadi Anak Suku Tabi

Menhan Ryamizard Ryacudu mengatakan, kita semua harus bangga menjadi bagian dari Bangsa Indonesia yang merupakan bangsa besar terbentang dari Sabang hingga Merauke. "Ini adalah takdir Tuhan untuk Indonesia yang diberi anugrah gugusan pulau yang indah dan limpahan lautan yang kaya sumberdaya alam dengan penduduk yang ramah dan senantiasa bergotong royong dengan beragam kebudayaan, " katanya.

Oleh Karena itu, kata Ryamizard, apakah kita rela bila keindahan dan Lambang Cinta Kasih Tuhan ini dirusak oleh sebagian orang yang tidak memahami identitas dan jati diri bangsa ini. "Tuhan tentunya akan marah kalau bangsa ini menyangkal jati dirinya. Marilah kita selalu buat Tuhan senang kepada bangsa Indonesia yang mejemuk ini. Bila Tuhan senang maka anugrah akan terus turun terhadap bangsa ini. Tapi sebaliknya bila Tuhan marah, maka bencana yang akan datang, " tutur Ryamizard.



Sementara Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano menaruh harapan besar terhadap Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu setelah menjadi bagian dari masyarakat Papua setelah diangkat menjadi Kakak Besar Suku Tabi. "Tentunya dengan menjadi keluarga dan bagian dari Papua, Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu akan memperhatikan dengan baik anak-anaknya, adik-adiknya. Sehingga jika tahu permasalahan dan kendala yang dihadapi akan segera menyelesaikan masalah yang dihadapi," kata Wali Kota.

Turut serta beberapa pejabat Kemhan mendampingi Menhan dalam acara ini antara lain Irjen Kemhan Laksdya TNI (Purn) Didit Herdiawan, Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Rizerius Eko H, Dirjen Kuathan Kemhan Mayjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, Karo TU dan Protokol Setjen Kemhan Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie.

Selain itu, Dirjen Pothan Kemhan Prof. Bondan Tiara Sofyan, Staf Ahli Menhan Bidang Ekonomi Mayjen TNI Desano Indrasakti dan Asisten Menhan Bidang Intelijen Mayjen TNI Ilyas. Juga turut serta dalam kunjungan Asisten Menhan Bidang Operasi Mayjen TNI Hafil, Kabadiklat Kemhan Laksda TNI Benny Riyanto, Dir Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI Herman Djatmiko.
(sms,wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak