Siapkan Embung Jelang Musim Hujan

Selasa, 08 Oktober 2019 - 13:23 WIB
Siapkan Embung Jelang Musim Hujan
Siapkan Embung Jelang Musim Hujan
A A A
SEMARAPURA - Saat ini musim kemarau masih melanda Klungkung, tidak terkecuali Kecamatan Nusa Penida. Menurut BMKG, musim hujan diprediksi baru akan terjadi pada bulan November mendatang.

Untuk itu Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta bersama Kepala UPT Dinas PU Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Klungkung melakukan monitoring sejumlah embung/penampungan air hujan disejumlah desa di Kecamatan Nusa Penida, Senin (7/10/2019).

"Beberapa embung telah selesai dibangun, saya harap ketika musim hujan nanti embung ini mampu menampung air hujan untuk kebutuhan pengairan dan hewan ternak warga." ujar Bupati Suwirta.

Embung yang dikunjungi diantaranya embung di Desa Batukandik, Desa Sekartaji dan embung di Desa Ped. Namun dalam kunjungannya itu, salah satu embung yang berada di desa Ped belum diserah terimakan kepada Pemerintah Daerah. Embung bantuan dari Balai Wilayah Sungai ini tampak telah selesai setahun lalu namun belum diserahterimakan.

Atas kondisi tersebut, Bupati Suwirta segera perintahkan Dinas PU Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman Klungkung untuk secepatnya berkoordinasi terkait kepastian embung ini.

"Saya ingin kejelasan status embung ini, bagaimana pemeliharaan, pengelolaan, serah terima serta harus jelas siapa yang bertanggung jawab. Ini harus segera harus dikoordinasikan dengan Balai Wilayah Sungai selaku pemberi bantuan supaya bisa segera memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar," ujar Bupati Suwirta.

Seperti diberitakan sebelumnya pembangunan embung yang terletak di Dusun Adegan Kangin, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida ini menggunakan sumber dana dari APBN sebesar 3,9 Miliar, dengan waktu pengerjaan selama 210 hari kalender. Secara fisik embung memiliki luas cukup besar. Embung ini diharapkan bisa menampung air hujan untuk musim kering dan bisa digunakan untuk pengairan dan kebutuhan ternak warga.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.5071 seconds (0.1#10.140)