alexametrics

Atasi Inflasi, Wahidin Halim Bakal Tanam Seribu Hektare Pohon Jengkol di Banten

loading...
Atasi Inflasi, Wahidin Halim Bakal Tanam Seribu Hektare Pohon Jengkol di Banten
Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku akan menanam pohon jengkol di ribuan hektare lahan pertanian di tanah para jawara. SINDOnews/Rasyid Ridho
A+ A-
SERANG - Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku akan menanam pohon jengkol di ribuan hektare lahan pertanian di tanah para jawara. Apalagi, harga makanan khas Indonesia itu dapat mempengaruhi inflasi.

"Kita akan menanam seribu hektare jengkol karena masyarakat banten yang sangat senang makan jengkol termasuk Betawi dan termasuk Jawa Barat," kata Wahidin di hadapan anggota DPRD Banten saat rapat Paripurna Istimewa HUT ke-19 Banten, Jumat (4/10/2019).

Gubernur Banten yang biasa disapa WH ini menjelaskan, harga komoditas jengkol yang tinggi mencapai Rp80.000 per kilogram sangat mempengaruhi inflasi di Banten. Selain itu, dia akan membuat produk dari jengkol mendunia.



"Harganya Rp80.000 per kilogram, padahal kebutuhan jengkol mencapai tonan per bulan. Kita akan menanam jengkol ini agar menjadi catatan sejarah bahwa Banten punya produk jengkol terkenal sampai ke mancanegara," ujar WH.

Untuk menyejahtrakan petani Jengkol, WH akan membuat BUMD guna memotong pola distribusi hasil pertanian. Jadi tanpa lagi terpotong oleh para tengkulak, rentener, dan sebagainya yang merugikan para petani.

"Kita akan membangun pasar induk untuk memotong pola distribusi. Kita sedang membuat pasar regional antar daerah di Cilegon supaya bisa meningkatkan taraf ekonomi petani," tandasnya.

Selain sektor pertanian, WH juga akan mengelola sektor pariwisata, seperti yang sedang viral Negeri di Atas Awan, Gunung Luhur, Kecamatan Citorek, Kabupaten Lebak.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak