alexametrics

BBWSS Lakukan Penanganan Darurat pada Tebing yang Roboh di Muba

loading...
BBWSS Lakukan Penanganan Darurat pada Tebing yang Roboh di Muba
Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII melaksanakan penanganan darurat terhadap penahan tebing tepi Sungai Musi yang roboh di ruas jalan KM 102 Betung Sekayu. Foto/SINDOnews/Dede Febriansyah
A+ A-
MUBA - Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII melaksanakan penanganan darurat terhadap penahan tebing tepi Sungai Musi yang roboh di ruas jalan KM 102 Betung – Sekayu, tepatnya di Dusun 1 Desa Bailangu Timur, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin.

Kepala BBWSS VIII, Birendrajana mengatakan, pihaknya bersama perwakilan dari BBPJN (Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional) wilayah V Sumatera telah meninjau kondisi penahan tebing yang ambles untuk melakukan penanganan di kawasan tersebut.

Birend menjelaskan, saat ini pihaknya belum dapat melakukan penanganan secara permanen terhadap penahan tebing yang ambles karena posisi pondasi penahan tebing yang tertanam masih menopang longsoran sisi jalan.



"Secara struktur bagian bawah penahannya masih menahan tanah yang ambles dari sisi jalan. Jadi kami belum berani melakukan apa pun. Sementara ini kami lakukan pengurangan dan penambahan penimbunan pada bagian yang diperlukan agar tanahnya stabil," ujar Biren, Rabu (2/10/2019).

Menurut dia, penahan tebing ambles karena penurunan debit air Sungai Musi secara drastis. Kondisi tanah yang jenuh diperkirakan mempengaruhi tekanan pada konstruksi penahan tebing sehingga menjadi tidak stabil.

"Air sungai itu memiliki tekanan untuk menjaga bangunan penahan tapi karena turun dengan cepat akibatnya tanah jadi tidak stabil," jelas Biren.

Meski amblas pada sisi jalan, Birend memastikan secara konstruksi ruas badan jalan masih aman untuk dilalui kendaraan. Hanya saja, untuk perbaikan secara permanen masih belum dapat dilakukan karena harus berkonsultasi dengan Puslitbang Kementerian PUPR guna memastikan penanganan yang tepat.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak