alexametrics

20 Hektare Hutan Lindung di Sikka NTT Terbakar

loading...
20 Hektare Hutan Lindung di Sikka NTT Terbakar
Hutan Lindung Egon Ilinmedo seluas 20 hektare, di Desa Egon Buluk, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Flores, NTT terbakar, Senin (30/9/2019). Foto iNews TV/Joni N
A+ A-
SIKKA - Hutan Lindung Egon Ilinmedo seluas 20 hektare, di Desa Egon Buluk, Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Flores, NTT terbakar, Senin (30/9/2019). Terbakarnya hutan lindung ini terjadi mulai pukul 08.00 Wita namun hingga malam hari api belum berhasil dipadamkan.

Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Sikka Hery Siswadi mengatakan, mendapatkan informasi terbakarnya hutan lindung UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan, Danramil, dan Polsek Waigete langsung turun ke lokasi memadamkan api. "Hingga sore sedikitnya 20 hektare lahan hutan lindung sudah ludes terbakar. Saat petugas tiba di lokasi, tampak api sudah menjalar dan menbesar membakar hutan lindung tersebut," kata dia.

Menurut dia, dedaunan dan pepohonan yang sudah kering serta angin kencang membuat api dengan cepat merambat dan membesar.



"Petugas mengalami kendala saat memadamkan api karena mengandalkan alat seadanya. Selain itu, medan terjal dan susahnya mendapatkan air juga jadi kendala dalam memadamkan kebakaran hutang lindung ini," timpalnya.

Hery Siswadi menegaskan, kebakaran Hutan Lindung Egon Ilinmedo disebabkan ulah oknum yang tidak bertanggung jawab diduga membuang puntung rokok yang masih berapi di rerumputan kering. "Hingga malam ini api masih terus menyala dan membesar," tandasnya.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak