Bangunan SDN Kalangsuria III Karawang Roboh, Kegiatan Belajar Terganggu

Senin, 30 September 2019 - 11:32 WIB
Bangunan SDN Kalangsuria III Karawang Roboh, Kegiatan Belajar Terganggu
Bangunan SDN Kalangsuria III Karawang Roboh, Kegiatan Belajar Terganggu
A A A
KARAWANG - Bangunan SDN Kalangsuria III, Desa Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, roboh pada Minggu 29 September 2019. Akibatnya kegiatan 480 siswa yang terbagi dalam 12 rombongan belajar terganggu.

Atap dua ruang belajar dan satu ruang kantor SDN Kalangsuria III mendadak ambruk sekitar pukul 11.00 WIB. Untungnya saat kejadian seluruh ruangan dalam keadaan kosong karena hari libur sekolah.

Kepala Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Rengasdengklok Rusta Anzela mengatakan, ruang kelas dan kantor yang ambruk itu dibangun pada 2016. Namun, pembangunannya tidak sesuai hingga baru tiga tahun sudah ambruk.

"Waktu itu yang direhab hanya plafon baja ringan saja diberi tambahan gipsum. Tapi atapnya tetap menggunakan genting tanah liat. Harusnya gentingnya juga menggunakan baja ringan," katanya, Senin (30/9/2019).

Rusta mengatakan, pada 2018 pihaknya mengajukan agar segera dilakukan rehab kepada pemerintah. Sebab, tanda bakal terjadi kelas roboh sudah mulai kelihatan. "Kita sudah menduga bakal roboh karena sudah melihat posisi plafon melengkung dan ada genting yang jatuh," katanya.

Situasi seperti itu membuat pihak sekolah mengantisipasi dengan mengosongkan kelas yang rapuh. Akhirnya siswa diminta belajar secara bergilir di kelas yang dianggap aman. Rusta mengatakan Pemerintah Kabupaten Karawang diminta segera membangun kembali sekolah yang roboh agar kegiatan belajar mengajar bisa berjalan sebagai mestinya.

Namun, pembangunan sekolah nantinya harus diawasi agar pembangunannya bisa sesuai. "Kita minta agar segera dibangun karena siswa dan guru harus bergiliran untuk belajar mengajar," sebutnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4362 seconds (0.1#10.140)