alexametrics

20 Hektare Areal Terbakar, Fasilitas BIJB Kertajati Selamat

loading...
20 Hektare Areal Terbakar, Fasilitas BIJB Kertajati Selamat
Lahan seluas sekitar 20 hektare di areal dan sekitar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati ludas terbakar pada Sabtu (28/9/2019) sore. Beruntung, api tidak sampai merusak fasilitas yang ada di bandara. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A+ A-
MAJALENGKA - Lahan seluas sekitar 20 hektare di areal dan sekitar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati ludas terbakar Sabtu (28/9/2019) sore. Beruntung, api tidak sampai merusak fasilitas yang ada di bandara.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Majalengka Agus Permana mengatakan, titik api mulai diketahui skeitar pukul 14.30 WIB. Api berasal dari luar areal bandara, yang kemudian merembet masuk ke wilayah BIJB.

"Kami dapat informasi tadi sekitar jam 6 sore adanya kebakaran di areal bandara.
Namun menurut informasi teman-teman yang lebih tahu duluan, ada api sekitar jam setengah tiga sore dari areal Blok Pejaten, Desa Bantarjati kemudian menyebar ke sini (area bandara)," kata Agus saat memantau proses pemdaman api di BIJB.



Kondisi lahan yang dipenuhi rumput kering, jelas Agus, membuat kobaran api cepat merambat. Tiupan angin yang kencang juga membuat api dengan mudah menjalar dan terus membesar.

"Musim kemarau, kemudian angin kencang, jadi api sangat cepat merambat. Juga karena kan ini rumputnya rumput kering semua. Kebanyakan ilalang atau rumput-rumput liar. Membakar sekitar 20 hektare lahan," jelasnya.

Pantauan di lapangan, api berhasil diatasi sekitar pukul 20.00 WIB. Kendati demikian, petugas masih tetap melakukan pantauan guna memastikan api tidak kembali menyala.

"Alhamdulillah tidak sampai ke bangunan fasilitas milik Bandara. Hanya tadi ada bekas barak yang sudah tidak dipakai, terbakar," papar dia.

Sementara, proses pemadaman awalnya dilakukan dengan melibatkan mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik BIJB. Proses pemadaman kemudian dibantu dengan satu unit damkar dari Satpol PP Kabupaten Majalengka.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak