alexametrics

Warga Antre Ambil 'Air Bertuah' dari Gentong Peninggalan Sunan Abinowo

loading...
Warga Antre Ambil Air Bertuah dari Gentong Peninggalan Sunan Abinowo
Air yang diyakini bertuah berada di Masjid Jami Sunan Abinowo selalu ramai dicari warga dari berbagai kota. Air yang keluar dari dalam Gentong Nyaikong peninggalan Sunan Abinowo. Foto Eddie P
A+ A-
KENDAL - Air yang diyakini bertuah berada di Masjid Jami Sunan Abinowo selalu ramai dicari warga dari berbagai kota. Air yang keluar dari dalam Gentong Nyaikong peninggalan Sunan Abinowo ini merupakan kembaran gentong yang ada di Masjid Agung Demak. Konon warga mengambil air bertuah ini untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Gentong Nyaikong adalah peninggalan Sunan Abinowo yang tertanam di dalam Masjid Jami Sunan Abinowo di Desa Pekuncen, Kecamatan Pegandon, Kendal, Jawa Tengah. Air dari dalam gentong ini diyakini warga bertuah bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Warga dari berbagai kota rela datang untuk mendapatkan air bertuah ini khususnya di setiap Jumat Kliwon. Gentong Nyaikong ini merupakan satu dari dua gentong milik Sunan Abinowo, satu gentong lainnya hanyut terbawa air Sungai Bodri hingga terdampar di Masjid Agung Demak.



Tidak jarang warga harus antre berjam-jam untuk mendapatkan air ini. Biasanya sebelum meminta air bertuah dari Gentong Nyaikong ini, warga berziarah di Makan Sunan Abinowo yang berada di belakang masjid.

Jumadi penjaga gentong mengatakan, air dari gentong ini tidak pernah surut bahkan selalu melimpah. Padahal daerah tersebut selalu kekeringan saat musim kemarau namun air di gentong ini tidak pernah habis.

"Warga yang datang dari berbagai kota di Pulau Jawa bahkan rela menginap untuk mendapatkan air bertuah ini. Biasanya warga mengambil air bertuah dari Gentong Sunan Abinowo setiap Jumat Kliwon," kata dia, Jumat 27 September 2019.

Sementara itu bagi warga air dari Gentong Sunan Abinowo diyakini bisa menyembuhkan penyakit. Tidak hanya itu warga yang mempunyai hajat bisa terkabulkan setelah meminum air tersebut, tentunya disertai dengan doa kepada sang pencipta dan usaha.

Warga tidak bisa langsung mengambil air dari dalam gentong oleh penjaga gentong warga dilayani satu-persatu mendapatkan air bertuah ini. Bulan Muharam seperti ini jumlah pengunjung yang meminta air bertuah semakin meningkat dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak