Kampus Undip Rawan Disusupi Kelompok Radikal, Densus 88 Turun Tangan

Selasa, 27 Agustus 2024 - 10:42 WIB
loading...
Kampus Undip Rawan Disusupi...
Bedah buku dan seminar Radikalisme – Terorisme: Problem Kekerasan Berbasis Agama dan Sketsa Kelompok Garis Keras di Dunia di Kampus FISIP Undip Semarang. Foto: SINDOnews/Eka Setiawan
A A A
SEMARANG - Detasemen Khusus (Densus) 88/Antiteror Polri memetakan kampus, termasuk tempat ibadah masjid, musala di sekitar kampus sebagai lokasi deradikalisasi. Di Jawa Tengah, salah satu lokasi yang digarap Densus adalah Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

“Berdasarkan catatan dan sejarahnya, ada benang merahnya. Di setiap kampus tetap kita lakukan pemantauan,” ungkap Kepala Subdirektorat Integrasi Koordinasi (Inkoor) Direktorat Identifikasi Sosial (Idensos) Densus 88/AT Polri Kombes Pol Indra Kurniawan, Selasa (27/8/2024).

Densus, tidak bisa menyebutkan secara spesifik temuan yang ada. Namun, Densus menegaskan program deradikalisasi itu perlu dilakukan.

“Kita tidak bisa sebutkan spesifik (temuan, hasil pemantauan), tapi yang kita lakukan ini merupakan tanda sinyal bahwa program deradikalisasi ini harus dilakukan di Undip,” sambungnya.



Kombes Indra menyebut timnya awal Agustus telah menemui sejumlah petinggi di kampus Undip untuk berdialog dan memaparkan langkah-langkah yang bisa dikerjakan bersama pada konteks deradikalisasi.

Ini seiring dengan perubahan pola di Densus 88/AT, yakni mengedepankan deradikalisasi dalam penanganan terorisme. Program deradikalisasi, sebut Kombes Indra, merupakan program pemolisian yang dikedepankan di tahun 2024 – 2029 oleh Mabes Polri.

Sebab itu, program deradikalisasi ini tidak bisa dilaksanakan hanya sendiri oleh Densus.

“Ini memerlukan banyak kerja sama dengan semua pihak, pendekatan pentahelix, ada lima komponen punya peran sama dalam program deradikalisasi ini salah satunya dari pihak akademisi,” jelasnya.

“Oleh karena itu kami berharap dari Pak Rektor, meningkat kesadarannya untuk membuat program-program yang aplikatif ke depannya dan itu bisa kita lakukan bersama, kita (Densus) siap melakukan pendampingan,” lanjut Kombes Indra.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)