Ganjar Jamin Pelajar Papua Bisa Kembali Bersekolah di Jateng

Kamis, 26 September 2019 - 07:01 WIB
Ganjar Jamin Pelajar Papua Bisa Kembali Bersekolah di Jateng
Ganjar Jamin Pelajar Papua Bisa Kembali Bersekolah di Jateng
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menjamin keamanan pelajar maupun mahasiswa asal Papua yang ada di Jateng. Meski ada 150-an pelajar dan mahasiswa yang memilih pulang ke Mimika, mereka diharapkan kembali lagi untuk meneruskan pendidikan.

Komitmen itu Ganjar sampaikan saat menerima rombongan Pemerintah Kabupaten Mimika yang dipimpin Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob di Puri Gedeh, Rabu, 25 September 2019.

"Ada yang khawatir tidak diterima kembali ke sekolah. Saya akan bilang ke Pak Jumeri selaku Kepala Dinas Pendidikan, agar para kepala sekolah menerima kembali pelajar yang sempat pulang ke Papua. Sayang sekali kalau mereka pulang dan di sana tidak melanjutkan," kata Ganjar.

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob menjelaskan, pelajar dan mahasiswa yang menempuh pendidikan di Jateng, ada sekitar 600-an orang, baik yang mendapatkan beasiswa maupun atas biaya orang tua. Alasan para siswa dan mahasiswa yang pulang, karena merasa tidak nyaman dan ada intimidasi, meski mereka tidak bisa menjustifikasi secara khusus.

"Kami ke sini mau melihat, apa yang terjadi di sini. Kita berharap mereka tetap bisa.bersekolah, kuliah di Jateng. Saya minta Pak Gubernur Jateng menjaga, memperhatikan mereka. Pengakuan mereka saat makan, didatangi orang. Kami ingin selamatkan generasi, tidak menjadi korban isu. Para orangtua berharap anak-anak mereka tetap sekolah," harapnya.

Di akhir dialog, Ganjar maupun Johannes Rettob bertukar cenderamata. Dari Mimika, Ganjar menerima patung manusia kayu. Sedangkan Ganjar memberikan patung banteng hasil karya perajin dari Jepara. "Banteng itu binatang yang kuat. Semoga perjuangan menjaga NKRI saudara-saudara Papua, kekuatannya seperti banteng," kata Ganjar sambil bersalam komando dengan Johannes Rettob.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2652 seconds (0.1#10.140)